PUPR siap aktifkan 65 pompa penyedot ketika terjadi genangan

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, banjir

PUPR siap aktifkan 65 pompa penyedot ketika terjadi genangan

Petugas PUPR sedang membuat kisdam dalam mengatasi luapan air dari kali (Antara)

Tangerang (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Tangerang Banten menyatakan sebanyak 27 pintu air dan 65 pompa penyedot dalam kondisi baik dan siap diaktifkan ketika terjadi genangan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Ruta Ireng Wicaksono di Tangerang Senin mengatakan sejak Minggu (26/2) malam seluruh petugas telah disiagakan dalam mengatasi genangan.

"Petugas gabungan juga diturunkan untuk menormalisasi drainase yang tersumbat sampah dan endapan lumpur. Tercatat pemeliharaan drainase dilakukan di 996 ruas dengan panjang 200,6 kilometer," kata Ruta dalam keterangannya.

Wilayah Kota Tangerang dan sekitarny sejak Minggu (26/2) malam diguyur hujan dengan intensitas tinggi hingga Senin pagi. Hal ini mengakibatkan sejumlah wilayah di Kota Tangerang terjadi genangan dan antrian aliran air yang cukup tersendat.

DPUPR Kota Tangerang, kata Ruta telah melakukan normalisasi sungai, saluran atau embung di 13 lokasi sepanjang 61,84 kilometer.

Ia pun menyatakan, petugas PUPR maupun gabungan OPD lainnya dipastikan akan selalu siaga mengantisipasi banjir. Namun, yang diturunkan sejak Minggu malam, tentunya membutuhkan kerja sama semua pihak. Tak terkecuali masyarakat itu sendiri, yang siap bersiaga menjaga lingkungannya dari tumpukan sampah, yang menghambat aliran air saat hujan.

"Dengan semua penanganan akan tetap kurang, saat masyarakat tidak peduli akan kebersihan dan kesehatan lingkungannya sendiri. Dengan itu, ayo kita sama-sama bekerja untuk menjaga lingkungan kita dari genangan atau banjir, dengan buang sampah pada tempatnya, rutin gotong royong membersihkan drainase, gorong-gorong, hingga kesiapan pompa air yang tersedia," papar Ruta.

Baca juga: KAMMI Padangsidimpuan-Tapsel bantu korban banjir

Baca juga: BPBD sebut banjir bandang, permukiman warga Bondowoso terendam lumpur 60 cm