Sandiaga Uno diundang semarakkan Imlek 2023 di Meranti

id Imlek di Selatpanjang ,Imlek Meranti ,Disporapar Meranti ,Menteri Pariwisata Sandiaga Uno

Sandiaga Uno diundang semarakkan Imlek 2023 di Meranti

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno. (ANTARA/Dok)

Selatpanjang (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno diundang Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti untuk hadir memeriahkan pelaksanaan Tahun Baru Imlek 2574 di Kota Selatpanjang, sekaligus mendorong peningkatan kunjungan wisatawan.

Rencananya rangkaian pelaksanaan Imlek di Selatpanjang akan jauh lebih meriah dibandingkan daerah lainnya. Selain akan ada kirab budaya, juga akan ada Festival Lampion.

Termasuk akan dilaksanakan kembali Festival Perang Air setelah absen selama beberapa tahun akibat pandemi COVID-19. Apalagi festival ini sudah menjadi agenda wisata nasional dan pernah meraih rekor MURI pada 2019 lalu.

Plt Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata (Disporapar) Kepulauan Meranti, Ratna Juwita Sari melalui Kabid Pariwisata Alfian mengatakan berbagai persiapan sudah mulai dilakukan. Tentunya berkoordinasi dan berkolaborasi dengan seluruh stake holder, tokoh masyarakat dan pemuda.

"Rencananya kita akan mengundang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno untuk datang nantinya. Selain itu juga mengundang Dinas Pariwisata Provinsi Riau," kata Alfian, Kamis.

Dengan mengundang pihak Kementerian dan Dinas Pariwisata Riau, ia berharap agar dukungan bisa mengalir untuk pelaksanaan Imlek yang lebih meriah. Baik dukungan dalam bentuk moril, maupun dalam bentuk program kegiatan.

Secara rinci, Alfian menuturkan sejumlah agenda yang sudah disusun untuk perayaan Imlek 2023 di Selatpanjang di antaranya, mulai tanggal 22-27 Januari 2023 akan dilaksanakan Festival Perang Airmulai pukul 15.00 - 18.00 WIB.

Kemudian untuk pelaksanaan Festival Lampion sudah dimulai. Lampion yang dipasang di sejumlah jalan-jalan di Kota Selatpanjang akan dilombakan dan hadiahnya akan disiapkan oleh Pemkab Meranti. Setelah itu, Night Carnival juga akan digelar dan akan menjadi pesta rakyat untuk merayakan Imlek.

"Pelaksanaan Night Carnival akan dilaksanakan selama dua hari (24-25 Januari 2023) di Taman Cik Puan. Akan kita siapkan sebanyak 15 stand bazar produk UMKM lokal dalam bentuk makanan dan minuman. Juga akan ada pagelaran seni dan budaya dalam kegiatan ini nantinya," jelas Alfian.

Selanjutnya akan ada pawai budaya dari masyarakat Tionghoa yakni Pawai Cue Lak. Dimana saat itu Dewa Chu Se Kong berulang tahun dan akan ditandu serta diarak keliling 23 kelenteng yang ada di Selatpanjang bersama dua dewa lainnya yakni Tian Tho Wan Sue dan lie loh Chia.

Sementara Sekretaris Yayasan Sosial Umat Beragama Budha (YSUBB) Selatpanjang, Tjuan An menuturkan dalam perayaan Imlek di Selatpanjang juga akan ditampilkan barongsai dan atraksi budaya lainnya seperti reog, kuda kepang.

"Perayaan imlek akan kita mulai dengan atraksi reog dan naga di Vihara Sejahtera Saksi. Vihara tersebut menjadi yang tertua dan terbesar di Meranti," ungkap Tjuan An.

Ia berharap dukungan semua pihak dan lembaga, agar Imlek tahun ini bisa berjalan lancar dan sukses. Terutama dukungan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti.

"Dalam memeriahkan imlek tahun ini, kita meminta dan melibatkan seluruh lembaga pemerintah, Polri, TNI, ormas, lembaga swadaya, dan berbagai pihak lainnya," harapnya.
Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2023