Bupati Inhu Saksikan Panen Raya Ikan

id bupati inhu, saksikan panen, raya ikan

Bupati Inhu Saksikan Panen Raya Ikan

Rengat, (Antarariau.com) - Bupati Indragiri Hulu, Provinsi Riau H Yopi Arianto beserta rombongan menyaksikan panen raya perdana ikan di Kelurahan Sekip Hilir dengan hasil panen memuaskan.

"Kita harapkan petani lain ikut mengembangkan budidaya ikan tersebut untuk meningkatkan pendapatan keluarga terutama yang masih memiliki lahan kosong," kata H Yopi Arianto di Rengat, Jumat.

Ia mengatakan, keberhasilan petani ikan ini perlu diberikan apresiasi tinggi. Keberhasilan ini menunjukan bahwa petani mampu memelihara ikan diatas terpal dengan sejumlah inovasi baru. Hasilnya jelas akan memberikan kontribusi besar untuk peningkatan ekonomi warga.

Atas keberhasilan itu Bupati Inhu juga memberikan masukan agar masyarakat untuk terus mengembangkan ternak ikan ini, jika kesulitan modal diarahkan untuk meminjam modal ke bank yang akan berkoordinasi dengan Dinas Koperasi.

Misalnya meminjam uang ke bank Riau yang bunganya relatif kecil sehingga tidak menyulitkan petani dalam membayar cicilannya tiap bulan.

"Pada 2014 Pemkab akan membuka Jalan Sekip Sipayung-Tajir, begitu juga dengan Sekip Hilir yang akan tembus ke Paya Rumbai, maka kiri kanan jalan dapat dipenuhi dengan kolam ikan," pintanya.

Bupati juga menyebutkan bahwa tahun 2014 juga akan dibangun pasar di berbagai kecamatan yang nantinya peternak ikan dapat memasarkan hasil panennya kesejumlah tempat di Indragiri Hulu sehingga tidak ada lagi terjadinya memasarkan ikan ke daerah lainnya diluar daerah.

Dalam kesempatan itu Bupati Indragiri Hulu juga memberikan modal tambahan sebesar Rp153.000.000- untuk para peternak agar pada saat berlangsungnya Pekan Olahraga Provinsi di daerah itu masyarakat dapat memasarkan ikan kemasan dan berharap dengan modal tersebut akan menghasilkan keuntungan yang besar.

"Pengembangan budidaya ikan di kolam terpal mengalami kemajuan luar biasa di Indragiri Hulu khususnya di Kelurahan Sekip Hilir, Kecamatan Rengat. Jika sebelumnya hanya dikelola oleh 24 orang, kini jumlah petani ikan di daerah ini meningkat pesat menjadi 120 orang," urainya.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Indragiri Hulu HM Sadar menjelaskan, keunggulan dari kolam terpal yang dilakukan para peternak ikan di Sekip hilir yaitu diantaranya mudah dibuat, dapat terhindar dari pemangsa ikan, fleksibel yang dalam arti kata dapat dibuat walaupun dihalaman rumah yang sempit.