10 desa di Inhu menerima status sebagai desa mandiri

id Rengat,Indragiri Hulu

10 desa di Inhu menerima status sebagai desa mandiri

Bupati Inhu Hadiri Prosesi Penyerahan Penghargaan Desa Mandiri. (ANTARA/dok)

Rengat (ANTARA) - Sepuluh desa di Kabupaten Indragiri Hulu menerima status sebagai Desa Mandiri pada tahun 2022 dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Bupati Indragiri Hulu RezitaYopihadir langsung pada proses penyerahan penghargaan tersebut yang berlangsung di Kota Pekanbaru, Kamis malam (1/12) dengan dihadiri oleh Bupati/Wali Kota se - Provinsi Riau.

Prosesi acara dibuka langsung oleh Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi.

Sepuluh Desa Mandiri dan dua BUMDes di Inhu menerima penghargaan dari Menteri Desa PDTT RI tahun 2022 adalah Desa Petala Bumi, Seresam, Titian Resak di Kecamatan Seberida.

Selanjutnya, Desa Pasir Kemilu, Kecamatan Rengat, Desa Tanah Datar dan Desa Talang Jerinjingdi Kecamatan Rengat Barat.

Desa Air Putih, Kulim Jaya dan Tasik Juang, Kecamatan Lubuk Batu Jaya. Serta, Desa Perkebunan Sungai Lala di Kecamatan Sungai Lala.

"Dari 178 desa se Indragiri Hulu, 10 dinobatkan sebagai Desa Mandiri dan penghargaan BUMDes Award Riau 2022," ujar Kepala Dinas Kominfo Kabupaten InhuJawalterS.

Untuk kategori desa mandiri dalam lomba penilaian status perkembangan kemajuan dan kemandirian desa se Provinsi Riau tahun 2022, Desa Petala Bumi keluar sebagai pemenang III.

Sedangkan, untuk lomba BUMDes (Badan Usaha Milik Desa), dua desa yakni BUMDes Usaha Mulya Desa Talang Mulia. Dan, BUMDes Berkah Bersama Desa Seresam, keluar sebagai pemenang dan menerima penghargaan BUMDes Award Riau 2022.