Tujuh kelompok Proklim Pertamina Dumai sabet penghargaan dari DLHK Riau

id Proklim, DLHK, Riau, Pertamina, Dumai

Tujuh kelompok Proklim Pertamina Dumai sabet penghargaan dari DLHK Riau

Tujuh kelompok Proklim binaan PT KPI RU II Dumai usai diberikan penghargaan oleh DLHK Riau. (ANTARA/HO-PT KPI RU II Dumai)

Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak tujuh kelompok pelaksanaan Program Kampung Iklim (Proklim) PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit (RU) Dumai mendapatkan penghargaan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Provinsi Riau.

Sebanyak tujuh kelompok tersebut, terdiri atas empat kelompok mendapatkan penghargaan kategori pratama, yakni Kelurahan Jaya Mukti, Bumi Ayu, Bukit Timah, dan Mekar Sari, sedangkan tiga kelompok untuk kategori madya, yakni kelompok binaan di Kelurahan Tanjung Palas, Laksamana, dan Bukit Datuk.

Area Manager Communication, Relations, dan Coorporate Social Responsibility(CSR) PT KPI RU II DumaiNurhidayantodi Pekanbaru, Rabu, mengatakan pihaknya cukup lama bekerja sama dalam merintis Proklim tersebut.

Dia berharap, ke depannya semakin banyak kelompok masyarakat terlibat dalam merintis Proklim di Kota Dumai.

“Program Proklim merupakan salah satu bukti bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan di sekitar wilayah operasi. Hal tersebut tidak dapat dilakukan oleh perusahaan tanpa dukungan dari berbagai pihak khususnya kelompok-kelompok masyarakat binaan PT KPI RU Dumai," katanya.

Proklim merupakan program dengan lingkup nasional yang dikembangkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat dan seluruh pihak dalam melaksanakan aksi lokal guna meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan pengurangan emisi gas rumah kaca (GRK).

Kepala DLHK RiauMamun Murod menyampaikan terima kasih kepada perusahaan pendukung dan pembina Proklim yang telah berhasil melaksanakan program tersebut hingga saat ini sehingga 280 program yang telah dijalankan di Provinsi Riau mendapatkan penghargaan dari Kementerian LHK.

“Saya mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada seluruh pihak terkait yang telah membantu pelaksanaan Proklim di Provinsi Riau. Tidak hanya itu, kami juga mengharapkan dukungannya di tahun berikutnya. Semoga target yang diberikan sebanyak 400 Proklim di tahun 2024 bisa kita capai,” ucapnya.