Layanan stand BPJS Kesehatan di Pekanbaru diserbu pengunjung

id BPJS Kesehatan

Layanan stand BPJS Kesehatan di Pekanbaru diserbu pengunjung

Stand BPJS Kesehatan di Jl Gajah Mada Pekanbaru diserbu pengunjung, (ANTARA/Frislidia)

Pekanbaru (ANTARA) - Sejumlah pengunjung di area hari bebas berkendaraan (Car Free Day/CFD) sepanjang Jalan Gajah Mada Kota Pekanbaru, Minggu (12/11) menyerbu stand BPJS Kesehatan yang meminta informasi tentang pindah faskes, memasukkan data anak yang keempat menjadi peserta dan lainnya.

Petugas pelayanan infrosmasi dari BPJS Kesehatan dari Kantor Cabang Pekanbaru, yakni Suci dan Ivrah satu persatu mulai melayani pengunjung yang menanyakan informasi tentang kebutuhan mereka terhadap JKN KIS itu.

"Ada pengunjung ingin mendapatkan informasi tentang pengecekan peserta Panerima Bantuan Iuran (PBI) yang semula mereka terima dan kenapa sekarang tidak lagi?".

Menurut Ivrah, peserta PBI tersebut bisa mengecek ke Dinsos Kota Pekanbaru, karena pihak Dinsos yang memilik kewenangan untuk memasukan data mereka ke JKN-KIS.

"Sebelumnya tentu peserta yang bersangkutan meminta informasi terlebih dahulu ke Ketua RT atau RW setempat. Prosedur selanjutnya Dinsos yang akan melapor Ke Dinas Kesehatan Pekanbaru apakah peserta terkait layak mendapatkan layanan JKN-KIS untuk kategori PBI.

Ada lagi Sanariah, peserta BPJS Mandiri dari Kota Medan, yang ingin memindahkan faskesnya ke Kota Pekanbaru, sednagkan kKnyamasih terdaftra di Kota Medan.

"Untuk Sanariah, jika ingin memproses sendiri pindah faskses maka yang besangkutan harus mendownload

laporan yang berminat terdaftar sebagai peserta mandiri kelas III dengan membayar iuran sebesar Rp35 ribu/orang setiap bulan.

"Sejauh ini pelayanan yang diperoleh bagi peserta JKN KIS kelas II dan kelas III tidakada permasalahan masih baik-baik saja terkait tindakan dokter dan perolehan obat," kata Sarinahdi arena hari bebas kendaraan di Jl Gajah Mada.

Karenanya, petugas stanBPJS Kesehatan di Jl Gajah Mada lebih menyarankan Sarinah untuk melalukan pindah faskes lewat mobil JKN, akan lebih mudah dan cepat serta tidak perlu gantre

Sementara itu stand BPJS Kesehatan digelar dalam rangkaian memeriahkan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-58. Ada sejumlah agenda yang telah disusun Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru menjadi lokasi puncak acara HKN dengan menyelenggarakan kegiatan senam sehat yang dimeriahkan dengan pameran yang diikuti oleh organisasi perangkat daerah (OPD) Provinsi dan instansi-instansi pemerintah hingga swasta.