Semarak penutupan Gebyar Fisika HIMAPEFSI di Siak

id gebyar fisika,gebyar fisika unri,gebyar fisika 2022

Semarak penutupan Gebyar Fisika HIMAPEFSI di Siak

Acara penutupan Gebyar Fisika 2022 di Sungai Apit, Kabupaten Siak. (ANTARA/dok)

Semangat sekali, sudah disiapkan dari satu bulan terakhir, sejak surat masuk,
Siak (ANTARA) - Dua hari sudah dilaksanakannya Gebyar Fisika di Sungai Apit, Kabupaten Siak, acara tahunan yang ditaja oleh Program Pendidikan Fisika Universitas Riau (UNRI) resmi ditutup pada 24 September 2022.

Ketua Pelaksana Gebyar Fisika Parlan menjelaskan ada tiga cabang lomba. Pertama, Fisika Lapangan (Fislap) khusus tingkat Sekolah Dasar. Kedua, Kuis Sains Fisika Peragaan (KSFP) tingkat Sekolah Menengah Pertama atau SMP. Dan yang terakhir, Misteri Fisika (MF) untuk tingkat Sekolah Menengah Atas atau SMA.

Fislap dan KSFP dilaksanakan secara serentak sedangkan MF setelahnya. Ratusan siswa mengikuti perlombaan pada Gebyar Fisika ini. Antusias para peserta terlihat dengan tepat waktunya untuk datang ke lokasi.

"Awal-awal tadi takut karena pertama kali ikut lomba Fisika. Kemudian pas selanjutnya Gebyar Fisika ini, membuat saya merasa sangat semangat karena saya mendapatkan teman baru dan ilmu baru,” ujar Muhammad Rifqi Saputra, salah seorang peserta perlombaan Misteri Fisika.

Tidak hanya Rifqi, semangat guru yang membimbing siswa pun disampaikan Widya Rafika Sari. Guru SMPN 01 Sungai Apit itu mengaku telah mempersiapkan siswa untuk perlombaan ini sebulan sebelum acara diadakan.

"Semangat sekali, sudah disiapkan dari satu bulan terakhir, sejak surat masuk," ucapnya.

Hingga pada acara penutupan. Penutupan ini dilaksanakan pukul 16.00 WIB dengan diawali penampilan lagu Melayu, persembahan mahasiswa Pendidikan Fisika UNRI.

Acara ditutup dengan pemukulan gong oleh Bupati Siak diwakili oleh Asisten Bupati Bidang Administrasi Umum, Jamaludin.

Acara penutupan juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Siak Mahadar, Camat Sungai Apit Wahyudi, Lurah Sungai Apit Rahmat Irfandi, Koordinator Paca Sarjana Program Studi Pendidikan Fisika Azizahwati, Koordinator Pendidikan Fisika Fakhruddin. Kepala SMA Negeri 1 Sungai Apit Masdar Surur, dan Bupati Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika Wahyu Satrio.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Sungai Apit Masdar Surur sangat mengapresiasi acara ini. Masdar berharap acara seperti ini dapat mendorong pengajar di SMA Negeri 1 Sungai Apit semangat dalam mengajar.

"Alhamdulillah, saya menyambut baik kegiatan seperti ini karena mendorong bapak/ibu kami untuk semangat mengajar yang kemudian juga menambah ilmu baru tentang Fisika kepada anak didik kita," katanya.

Ia juga menyampaikan harapannya kepada mahasiswa Pendidikan Fisika UNRI untuk bisa memberikan inovasi-inovasi dalam pembelajaran fisika.

Jesika Elisabeth, selaku anggota panitia di bidang Hubungan Masyarakat, Informasi, dan Dokumentasi menyampaikan selama acara Gebyar berlangsung, para peserta sangat antusias dalam menyukseskan acara ini.

"Hal ini bisa dilihat dengan para peserta dan guru datang tepat waktu dan semangat dalam mengikuti lomba per bidangnya. Selain lomba, para peserta juga sangat antusias dalam menggali ilmu yang bisa di dapat pada alat alat pameran yang telah dipersiapkan oleh panitia," tutup Jesika.