Gebyar Fisika ke-15 resmi dibuka di Siak

id geyar fisika,gebyar fisika 15,unri,gebyar fisika unri

Gebyar Fisika ke-15 resmi dibuka di Siak

Proses pembukaan Gebyar Fisika ke-15 di SMAN 1 Sungai Apit Siak, Kabupaten Siak, Riau, oleh Bupati Alfedri. (ANTARA/dok)

Suatu kebanggaan bagi kami, dan semoga acara Gebyar Fisika ini bisa sukses dan membawa manfaat bagi Kabupaten Siak,
Pekanbaru (ANTARA) - Pada Kamis (23/9) telah dilaksanakan acara pembukaan Gebyar Fisika ke-15 di Lapangan SMA Negeri 1 Sungai Apit, Kabupaten Siak, setelah tahun lalu diadakan secara daring, Gebyar Fisika tahun ini diadakan secara langsung.

Tak kalah menariknya, acara ini dihadiri oleh Bupati Siak Alfedri MSi. Ia melangkahkan kakinya di SMA Negeri 1 Sungai Apit diiringi dengan tabuhan kompang.

Ketua Pelaksana Gebyar Fisika Ke-15 Parlan menyampaikan ribuan terima kasih kepada seluruh tamu undangan yang turut hadir. Ia menjelaskan bahwa Gebyar Fisika ini merupakan salah satu program tahunan yang ditaja oleh Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Riau dan dilaksanakan di sekolah – sekolah se-Provinsi Riau.

Dan untuk perlombaannya terdiri dari Fisika Lapangan untuk tingkat SD/Sederajat, Kuis Sains Fisika Peragaan (KSFP) untuk tingkat SMP/Sederajat dan Misteri Fisika (MF) untuk tingkat SMA/Sederajat.Di ujung, sambutan, Parlan berharap bahwa Gebyar Fisika ke-15 ini dari pembukaan hingga penghujung acara dapat berjalan dengan lancar.

Kedatangannya mahasiswa beserta para dosen Program Studi Pendidikan Fisika di SMA Negeri 1 Sungai Apit ini disambut dengan hati yang lega. Hal ini disampaikan Kepala SMA Negeri 1 Sungai Apit Musdar Surur MM.

Dalam sambutannya, ia juga berharap dengan adanya acara Gebyar Fisika ke-15 di SMA Negeri 1 Sungai Apit dapat melahirkan mahasiswa yang juga akan ada di Gebyar Fisika selanjutnya sebagai Fisikawan di masa yang akan mendatang.

Para panitia Gebyar Fisika ke-15 di SMAN 1 Sungai Apit Siak, Kabupaten Siak, berfoto bersama dengan Bupati Alfedri. (ANTARA/dok)


Sementara Ketua Program Studi Pendidikan Fisika Unri Dr Fachrudin S.Si MT menjelaskan bahwa acara ini merupakan ajang rutin setiap tahun, namun di tiga tahun terakhir dilaksanakan secara daring karena kondisi pandemi COVID-19.

Dan di tahun ini dilaksanakan secara luring, kegiatan ini di taja oleh Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Riau. Rasa terima kasih juga sampaikan kepada Kepala SMA Negeri 1 Sungai Apit yang telah menyediakan tempat untuk Gebyar Fisika ke-15 ini.

Acara ini merupakan bagian dari Tri Dharma perguruan tinggi, maka dari itu ia berharap bapak dan ibu guru dapat ikut serta dalam acara ini hingga akhir.

"Kami hadir untuk membuka Gebyar Fisika ke-15 ini. Kami bangga dan senang acara ini dilaksanakan di Siak. Jarang-jarang sekali gebyar dilaksanakan di sini. Suatu kebanggaan bagi kami, dan semoga acara Gebyar Fisika ini bisa sukses dan membawa manfaat bagi Kabupaten Siak tepatnya di Kecamatan Sungai Apit," kata Bupati Alfedri yang juga turut memberikan sambutan.

Acara pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati, Kaprodi Fisika, dan dilanjutkan dengan penampilan Wonderland Indonesia oleh siswi SMA Negeri 1 Sungai Apit, Agen Perubahan, dan PIK-R.

Acara pembukaan ditutup dengan peresmian pameran yang dibuat oleh mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Riau.