Menyaksikan semaraknya Gebyar Fisika XVI di SMAN 1 Kampar

id gebyar fisika,gebyar fisik 2023

Menyaksikan semaraknya Gebyar Fisika XVI di SMAN 1 Kampar

Penyerahan plakat penghargaan atas terselenggaranya Gebyar Fisika XVI di SMAN 1 Kampar. (ANTARA/dok)

mahasiswa Pendidikan Fisika UNRI untuk bisa memberikan inovasi-inovasi dalam kegiatan pembelajaran fisika,
Kampar (ANTARA) - Gebyar Fisika ke-16 berlangsung di lapangan SMA Negeri 1 Kampar pada 13-14 Oktober 2023. Setelah tahun lalu Gebyar Fisika diadakan secara offline di SMA Negeri 1 Kampar, dan acaranya berjalan lancar dari awal hingga akhir.

Acara diawali dengan tari persembahan dan permainan alat musik tradisional yang dibawakan siswa SMAN 1 Kampar. Acara dihadiri Bupati Kampar yang diwakili Plt Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kampar H. Aidil.

Ketua Pelaksana Gebyar Fisika ke-16 Usman Almah Ribi menyampaikan terima kasih kepada seluruh tamu yang sudah hadir pada acara ini. Ia menjelaskan Gebyar Fisika merupakan salah satu program tahunan yang ditaja Program Studi Fisika Universitas Riau dan dilaksanakan di sekolah-sekolah di Provinsi Riau dengan jenis perlombaan antara lain Fisika Lapangan untuk tingkat SD/Sederajat, Kuis Sains Fisika Peragaan (KSFP) untuk tingkat SMP/Sederajat dan Misteri Fisika (MF) untuk tingkat SMA/. Pada penghujung kata,Usman berharap pelaksanaan acara Gebyar Fisika dari awal hingga akhir bisa berjalan dengan lancar.

Jumlah peserta yang mengikuti Gebyar Fisika 16 sebanyak 78 peserta, dimana peserta Misteri Fisika Peserta, KSF P 15 peserta (5 tim) dan Fisika Lapangan 14 peserta (7 tim) se-Kabupaten Kampar.

Kedatangan mahasiswa serta para dosen Program Pendidikan Fisika di SMA Negeri 1 Kampar disambut hangat Kepala SMA Negeri 1 Kampar Drs. Harizon M.Pd. Ia juga berharap dengan adanya acara Gebyar Fisika ke-16 di SMA Negeri 1 Kampar dapat melahirkan fisikawan muda yang akan melanjutkan acara serupa pada tahun yang akan datang.

Peserta Gebyar Fisika XVI di SMAN 1 Kampar yang mendapatkan hadiah dan piagam saat berfoto bersama. (ANTARA/dok)


Sementara Ketua Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Riau, Dr. Fakhrudin S.Si, MT dalam kata sambutannya menjelaskan acara ini merupakan rutin digelar setiap tahun. Ia juga berterimakasih kepada Kepala SMA Negeri 1 Kampar yang telah bersedia menyediakan tempat untuk Gebyar Fisika ke-16.

Acara ini merupakan bagian dari Tri Dharma perguruan tinggi, maka dari itu diharapkan peserta dapat ikut serta dalam rangkaian acara ini hingga akhir.

Pada rangkaian acara pemukulan gong sebagai simbolis pembukaan Gebyar Fisika 16 dilakukan Plt Kepala Dispora Kabupaten Kampar H Aidil.

Lalu acara ditutup dengan peresmian pameran yang dibuat oleh mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Riau.

Pelaksanaan acara Gebyar Fisika ke-16 dilaksanakan selama dua hari dimana pada hari kedua yaitu Sabtu,14 September 2023 diikuti peserta yang sudah mendaftar. Pada perlombaan Fisika Lapangan tingkat SD/sederajat siswa dan guru pembimbing yang hadir sangat bersemangat mengikuti perlombaan, begitu juga dengan Kuis Sains Fisika Peragaan tingkat SMP/sederajat berjalan dengan lancar dan siswa yang sangat antusias saat kegiatan perlombaan berjalan. Pada Misteri Fisika tingkat SMA/sederajat tak kalah seru dengan Fisika Lapangan dan Kuis Sains Fisika Peragaan.

Pada acara penutupan Kepala SMA Negeri 1 Kampar Drs Harizon sangat mengapresiasi acara ini. Ia berharap acara seperti ini dapat mendorong pengajar SMA Negeri 1 Kampar semangat dalam mengajar. Ia juga menyampaikan harapannya kepada mahasiswa Pendidikan Fisika UNRI untuk bisa memberikan inovasi-inovasi dalam kegiatan pembelajaran fisika.

Acara hari kedua ditutup dengan pemukulan gong oleh dengan dihadiri Koordinator Pendidikan Fisika Dr. Fakhrudin S.Si, MT, Kepala SMA Negeri 1 Kampar, Bupati Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika Rayatul Akbar, beserta Ketua Pelaksana Gebyar Fisika ke-16, Usman Almah Ribi.