Pengembang Pekanbaru Harus Buat Saluran Pembuang

id pengembang pekanbaru harus buat saluran pembuang

Pengembang Pekanbaru Harus Buat Saluran Pembuang

Pekanbaru, (antarariau.com) - Legislator Kota Pekanbaru, Riau, menyatakan para pengembang harus membuat saluran pembuang sekitar kawasan perumahan agar musim hujan tidak mengalami banjir akibat meluapnya anak Sungai Siak.

"Pengembang jangan lepas tanggung jawab setelah izin perumahan keluar dengan membuat saluran pembuang," kata anggota DPRD Kota Pekanbaru Sigit Yuwono di Pekanbaru, Rabu.

Politisi Partai Demokrat itu mengatakan kegiatan pengembang harus dipantau, dan jangan dibiarkan begitu saja yang berdampak terhadapo banjir.

Pernyataan tersebut terkait saat ini memasuki musim hujan dan beberapa kompleks perumahan di Kecamatan Tenayan Raya, Marpoyan Damai dan Payung Sekaki dan Kecamatan Rumbai mengalami banjir.

Mayoritas kompleks perumahan di Kota Pekanbaru yang terkena banjir itu dengan tipe sederhana maksimal ukuran tanah luas 108 hingga 120 meter persegi.

Namun salah satu penyebab banjir karena tidak adanya saluran pembuang, mayoritas lokasi perumahan tersebut pada areal rendah dan harus ditimbun mengunakan tanah merah dalam jumlah terbatas.

Pada musim hujan tahun 2012, bahwa puluhan rumah di kawasan Mutiara Witayu di Kelurahan Sri Meranti, Kecamatan Rumbai terendam air bah dengan ketinggian mencapai 1,1 meter karena Sungai Umban yang berada sekitar kompleks tersebut meluap .