Sumbar upayakan bangun jalan tembus daerah pelosok di Rohul

id Galugua, pelosok Sumbar, tanpa sinyal, mahyeldi

Sumbar upayakan bangun jalan tembus daerah pelosok di Rohul

Akses jalan di Galugua belum maksimal untuk mendukung perekonomian. (ANTARA/Miko Elfisha)

Sarilamak (ANTARA) - Pemprov Sumatera Barat mengupayakan pembangunan akses jalan tembus dari daerah pelosok Nagari Galugua Kabupaten Limapuluh Kota menuju Kabupaten Rokan Hulu untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi di daerah perbatasan.

"Akses jalan adalah kunci perekonomian karena itu kita upayakan ada jalan tembus dari Galugua ke Rokan Hulu, Riau," kata Gubernur Sumbar, Mahyeldi di Limapuluh Kota, Minggu.

Ia mengatakan Galugua merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan Rokan Hulu, Riau. Jarak antara dua daerah sebenarnya cukup dekat, namun saat ini belum ada akses jalan penghubung.

Menurut dia, setelah ada jalan, maka di daerah perbatasan sangat penting untuk membangun sejumlah fasilitas seperti sekolah representatif, pasar dan puskesmas dengan rawat inap.

Dengan fasilitas itu masyarakat di daerah tetangga yang berdekatan akan datang dan ekonomimasyarakat menggeliat.

"Dari semua itu kita utamakan pembangunan akses jalan tembus ke Riau," katanya.

Ia meminta Bupati Limapuluh Kota Syafaruddin Dt Bandarorajo untuk bisa memperlebar jalan dari Galugua ke Pangkalan yang saat ini masih ada penyempitan di beberapa titik.

Bupati Limapuluh Kota, Syafaruddin Dt Bandarorajo mengatakan daerah Galugua merupakan daerah segi tiga emas yang menghubungkan Pasaman di Utara dan Rokan Hulu di Selatan.

Ia menyebut jika tiga daerah itu terhubung akan sangat besar manfaatnya untuk daerah Galugua. Jalan itu sekaligus juga bisa menjadi jalur alternatif dari Riau ke Pasaman dan sebaliknya tanpa harus memutar ke Bukittinggi.

Hal itu akan besar manfaatnya untuk mengurai kemacetan pada saat musim liburan atau mudik saat lebaran Idul Fitri setiap tahun.***1***

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2022