Tol Padang-Pekanbaru Seksi I selesai Lebaran 2024

id Tol padang pekanbaru, mahyeldi

Tol Padang-Pekanbaru Seksi I selesai Lebaran 2024

Proses pembangunan jalan Tol Pekanbaru-Padang Seksi Padang-Sicincin di Kabupaten Padang Pariaman. (ANTARA/Muhammad Zulfikar).

Sarilamak (ANTARA) - Gubernur Sumatera BaratMahyeldi menyebut pembangunan jalan Tol Padang-Pekanbaru Seksi I Padang-Sicincin ditargetkan selesai sebelum Lebaran 2024.

"Tol Sicincin tahun 2024 sebelum Lebaran sudah clear (selesai). Diharapkan bisa dimanfaatkan,” kata Mahyeldi, di Limapuluh Kota, Senin.

Ia mengatakan terkait proses pembebasan lahan, sampai saat ini tidak ada halangan. Saat ini pembangunannya juga sedang berjalan.

“Untuk jalan tol ini kami sedang berkoordinasi dengan Kementerian PUPR. Saat ini di daerah tidak ada halangan. Sekarang tinggal menunggu pihak Kementerian PUPR datang, kamisudah siapkan tim,” kata Mahyeldipula.

Terkait kelanjutan pembangunan Tol Padang-Pekanbaru pada seksi berikutnya terutama yang melewati Kabupaten Limapuluh Kota, menurutnya, juga sudah mulai dibahas.

Bupati Limapuluh KotaSafaruddin DtBandaro Rajo mengatakan, pihaknya telah bertemu dengan Japan International Cooperation Agency (JICA), pada 10 Juli 2023 lalu untuk membahas pembangunan ruas Jalan Tol Payakumbuh-Pangkalan .

Kedatangan Perwakilan JICA Perwakilan Indonesia didampingi Kepala Balai Prasarana Jalan Provinsi Sumbar Thabrani beserta Tim Kementerian PUPR.

Kegiatan JICA selaku kontraktor pelaksana Jalan Tol Payakumbuh-Pangkalan selama dua hari di Sumbar, khususnya di Kabupaten Limapuluh Kota, kunjungan lapangan dan rapat pembahasan kesiapan pembangunan jalan tol dan konstruksi terowongan baru pada rencana ruas Jalan Tol Payakumbuh-Pangkalan paket 2 dan paket 3.

Tol Padang-Pekanbaru adalah jalan tol bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang menghubungkan Padang dengan Pekanbaru sepanjang 254,8 kilometer.