Gitar kidal Kurt Cobain laku terjual Rp65,9 miliar di balai lelang

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, gitar

Gitar kidal Kurt Cobain laku terjual Rp65,9 miliar di balai lelang

Gitar "Smells Like Teens Spirit" (ANTARA/instagram/rockhistation)

Jakarta (ANTARA) - Gitar elektrik Fender Mustang 1969 milik Kurt Cobain saat membawakan "Smells Like Teen Spirit" laku melalui lelang seharga hampir 5 juta dolar AS.

Mengutip laporan dari Variety, Senin, gitar tersebut merupakan gitar kidal yang cukup langka. "Saya kidal. Dan itu tidak terlalu mudah untuk menemukan gitar kidal dengan harga terjangkau dan berkualitas tinggi. Tapi dari semua gitar di seluruh dunia, Fender Mustang adalah favorit saya. Saya hanya memiliki dua dari mereka," kata Kurt.

Gitar itu dilelang di Julien's Auctions pada 22 Mei kemarin. Gitar tersebut dikabarkan terjual seharga 4,5 juta dolar AS (Rp65,9 miliar). Angka tersebut jauh melebihi perkiraan yang semula sebesar 600 ribu dolar AS (Rp8,7 miliar).

Untuk mendukung Bulan Kesadaran Kesehatan Mental, keluarga Kurt Cobain pun menyumbang sebagian dari hasil penjualan gitar dan barang-barang Kurt lainnya ke Kicking The Stigma.

"Lelang sekali seumur hidup ini telah menjadi salah satu hak istimewa terbesar dalam karir profesional saya dan saya sangat senang bahwa hasilnya juga akan membawa perhatian yang sangat dibutuhkan untuk kesadaran kesehatan mental," kata Darren Julien selaku presiden dan CEO Julien's Auctions.

Sebelumnya, sedan 4 pintu Kurt Cobain tahun 1965 "Baby Blue" Dodge Dart 170 juga diketahui telah terjual seharga 375 ribu dolar AS (Rp5,4 milyar). Karya seni dek skateboard Iron Maiden "Killers" 1985 yang digambar sendiri oleh Kurt juga dijual dengan NFT tambahan senilai 35.200 dolar AS (Rp516,1 juta).

Baca juga: Grup K-Pop MONSTA X mulai lakukan tur di Amerika Serikat

Baca juga: Kolaborasi dua generasi bersatu dalam eksplorasi musik elektronik