Aktivitas di gerbang Tol Palimanan Cirebon mulai meningkat

id Mudik Lebaran 2022,tol cipali

Aktivitas di gerbang Tol Palimanan Cirebon mulai meningkat

Kendaraan saat melintas di GT Palimanan Cirebon, Jawa Barat, Minggu (24/4/2022). (ANTARA/HO-Humas Astra Tol Cipali).

Cirebon (ANTARA) - Operator Astra Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) menyebutkan terjadi peningkatan arus lalu lintas di gerbang utama Palimanan Cirebon, Jawa Barat, sebesar 26 persen dibandingkan hari biasa.

“Pada Sabtu (23/4) kendaraan yang melewati ruas Tol Cipali sebanyak 46.687, meningkat 26 persen dibandingkan trafik harian,” kata General Manager Operasional Jalan Tol Astra Cipali, Suyitno melalui pesan tertulis yang diterima di Cirebon, Minggu.

Suyitno mengatakan, untuk Minggu (24/4), pendataan sementara, ada 19.178 kendaraan yang melewati Tol Palimanan, Cirebon shift 1, dan jumlahnya menunjukkan peningkatan.

Menurutnya, kondisi arus lalu lintas ruas Tol Cipali sejak pelaksanaan uji pengalihan transaksi Gerbang Tol Palimanan pada 22 April 2022 mulai pukul 06.00 WIB berjalan lancar. “Lalu lintas mulai padat dengan data yang ada menunjukkan peningkatan,” katanya.

Pemindahan transaksi Gerbang Tol Palimanan ke gerbang berikutnya pada masa libur Lebaran 2022, merupakan bentuk peningkatan pelayanan untuk mempercepat waktu tempuh di jalan tol.

Dengan penggabungan tarif tersebut, maka besaran akumulatif tarif yang akan dikenakan kepada pengguna jalan dari Gerbang Tol Cikampek Utama hingga Gerbang Tol Kalikangkung adalah sebesar Rp357.500.

Sedangkan besaran tarif bagi pengguna jalan dari Gerbang Tol Kalikangkung hingga Cikampek Utama sebesar Rp372.000.

“Tarif ini sudah termasuk tarif terjauh Tol Cipali sebesar Rp119.000,” ujarnya.