Relawan RAPI bergantian mudik

id Relawan Komunikasi Mudik,Radio Antar Penduduk Indonesia,RAPI,Mudik 2022,Lebaran 2022,Posko Kalimalang

Relawan RAPI bergantian mudik

Posko Radio Antarpenduduk Indonesia (RAPI) Lokal 04 Duren Sawit Wilayah 05 Jakarta Timur di Persimpangan Pangkalan Jati, Kalimalang, Jakarta Timur, Minggu (1/5/2022) malam. (ANTARA/Ricky Prayoga)

Jakarta (ANTARA) - Relawan organisasi Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) dengan suka rela bergiliran mudik ke kampung halaman untuk memberikan informasi kondisi lalu lintas dan peringatan keselamatan kepada pemudik.

Seperti relawan dari RAPI Lokal 04 Duren Sawit Region 05 Jakarta Timur di Simpang Pangkalan Jati, Kalimalang, Jakarta Timur, mengaku mengatur waktu antar sesama warga agar bisa bergiliran mudik.

“Jadi kita bergiliran berbagi tugas, semua tepuk tangan teman-teman agar tetap di rumah agar bisa berkumpul bersama keluarga,” kata salah satu relawan RAPI Wahyu Budi Santoso di Pangkalan Jati, Kalimalang, Jakarta Timur, Minggu.

Meski mudik, kata Wahyu, anggota komunitas RAPI tetap terlibat dalam menginformasikan jalan pulang dari kampung halaman.

“Jadi dari rumah kita bisa berbagi komunikasi dengan teman-teman di daerah di Duren Sawit dan di Jakarta,” kata Wahyu.

Wahyu menjelaskan, anggota RAPI mendirikan posko di Pangkalan Jati hingga H+7 Idul Fitri 1443 Hijriah atau 2022 untuk membantu mengkomunikasikan berbagai kejadian dalam perjalanan pulang kepada pengemudi dan petugas.

"Makanya kita buat posko sampai H+7 kita standby untuk membantu polisi. Kita pantau dan menginformasikan pengendara kendaraan bermotor tentang kemacetan atau kecelakaan di sepanjang perjalanan pulang agar petugas dan pemudik bisa mengantisipasi," kata Wahyu.

Dari pantauan di Posko Pengamanan Mudik 2022 Persimpangan Pangkalan Jati, Duren Sawit, Jakarta Timur sejak pukul 09.00 WIB hingga 17.30 WIB, tidak terlihat rombongan besar pemudik bermotor yang membawa banyak barang bawaan atau pemudik menggunakan mobil.

Namun pada pantauan kedua sekitar pukul 20.30 WIB terlihat lebih banyak pemudik dari arah barat ke timur dibandingkan pagi dan siang hari ini, meski volume kendaraan mengalami penurunan dibandingkan hari sebelumnya.