BNI Seoul di Korea Selatan buka peluang pasar bagi UMKM

id BNI,BNI Seoul,bni korea ,umkm bni

BNI Seoul di Korea Selatan buka peluang pasar bagi UMKM

Ilustrasi: Youtuber Kimbab Family Mama Gina saat berkunjung ke Kantor Cabang BNI di Seoul Korea Selatan. (ANTARA/HO-BNI)

Jakarta (ANTARA) - PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk terus memperkuat kerja sama berbagai pihak dalam mengakselerasi kinerja UMKM Go Global dan diaspora di Korea Selatan dengan membuka peluang pasar.

Duta Besar RI untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis, mengatakan banyak bisnis yang bisa dikembangkan oleh diaspora di Korea Selatan.

“UKM di Korea Selatan sangat aktif di sektor industri di Korea Selatan. Hal ini membuat UKM Korea Selatan sangat maju dari segi teknologi sehingga dapat menghasilkan produk dengan teknologi tinggi,” ujarnya.

Ia mengemukakan, BNI memiliki peran penting sebagai BUMN yang diamanatkan sebagai Bank Global untuk mampu membuka peluang pasar.

“Kunci sukses UKM adalah permodalan. Saya kira di sinilah peran BNI dalam mendukung pertumbuhan kinerja UKM sekaligus membuka peluang pasar,” ujarnya.

Ia juga tidak memungkiri bahwa BNI memiliki program pendampingan yang sangat profesional yang mampu membantu UKM tumbuh, bahkan naik kelas menjadi pelaku usaha besar dan berdaya saing tinggi.

“Memang bias seperti inilah yang sangat dibutuhkan UKM untuk tumbuh dan bersaing di Global yang memiliki tingkat persaingan yang lebih tinggi,” ujarnya.

Pendiri Inakor Co. Ltd. yang juga merupakan salah satu debitur BNI Hartono Susanto mengapresiasi peran aktif BNI dalam membantu diaspora di Korea Selatan melalui bantuan permodalan dan usaha.

Apalagi, menurutnya, peluang pasar produk Indonesia di Korsel sangat besar sehingga bisa menjadi peluang untuk meningkatkan status ekonomi diaspora dan BNI sebagai intermediasi.

“Jika kita melihat Korea Selatan, banyak bahan produk setengah jadi Indonesia yang masuk ke Korea Selatan. Ini peluang besar untuk meningkatkan ekspor ke Korea Selatan. Karena produk Indonesia sudah bisa diterima,” kata Hartono.

General Manager BNI Seoul Anisfu Husin mengatakan dalam berkolaborasi, BNI Seoul bekerjasama dengan berbagai pihak mulai dari UKM, komunitas mahasiswa dan komunitas lainnya di Negeri Gingseng. Bahkan, dalam waktu dekat, BNI akan menandatangani dengan asosiasi importir di Korea Selatan.

Baca juga: Pemilik toko Indonesia di Korea Selatan mengapresiasi dukungan dari BNI

Anisfu menyampaikan tiga tujuan kerjasama tersebut. Pertama memberikan layanan perbankan. Kedua, memberikan literasi keuangan dan investasi dan ketiga, memberikan bantuan bisnis kepada diaspora di Korea Selatan.

“Korea Selatan adalah pasar yang sangat potensial bagi kami. Oleh karena itu, kami aktif bekerja sama dengan teman-teman di Jakarta untuk mencoba membawa UKM Indonesia go global,” ujarnya.

Adapun dalam rangka mengembangkan diaspora di Korea Selatan, Anisfu mengatakan BNI memberikan dukungan dana sekaligus mencari peluang yang dapat dikembangkan oleh diaspora. Cara ini telah diterapkan dan sangat efektif dalam mendongkrak kinerja BNI sebagai Bank Global.

Lebih lanjut, ia menampilkan salah satu usaha yang menarik di Korea Selatan adalah usaha restoran. BNI berupaya memberikan pendanaan agar restoran Indonesia dapat berkembang dan bersaing dengan restoran dari negara lain seperti Thailand, Singapura dan lainnya yang berlokasi di Korea Selatan.

“BNI akan selalu mendukung dan membantu mencarikan peluang pasar yang bisa digarap di Korea Selatan,” ujarnya.

Baca juga: BNI berhasil hubungkan diaspora Hong Kong dan UMKM ekspor di Indonesia