Ini penghargaan diraih Pemkot Pekanbaru selama 10 tahun terakhir

id Wali kota pekanbaru,Wali kota, pekanbaru

Ini penghargaan diraih Pemkot Pekanbaru selama 10 tahun terakhir

Pemerintah Kota Pekanbaru saat menerima penghargaaan. (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Duet kepemimpinan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pekanbaru Firdaus-Ayat sudah 10 tahun berlangsung. Selama mengabdi di Ibu Kota Provinsi Riau itu ada sejumlah prestasi dan penghargaan yang diraih pada dua periode 2012-2017 dan 2017-2022.

Sejak awal kepemimpinan, sudah direncanakan pembangunan berbasis super block, dimana ada daerah baru di wilayah Kota Pekanbaru yang pertumbuhan wilayah baru 30 persen disentuh pembangunan.

Seperti perluasan kawasan pusat pemerintahan Kota Pekanbaru dari Jalan Sudirman ke kawasan Tenayan Raya. Di atas areal seluas 100 hektare, dibangun komplek perkantoran baru yang sekarang telah menjadi kawasan pemerintahan yang terintegrasi satu dengan yang lainnya. Tidak hanya itu, ada 3000 hektare lebih kawasan yang disiapkan sebagai kawasan Industri yang diberi nama Kawasan Industri Tenayan yang berada di pinggir Sungai Siak sebagai sungai terdalam di Indonesia.

Langkah yang telah ditorehkan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mewujudkan Pemerintahan yang cerdas dengan layanan publik yang terintegrasi, saat ini PemkotPekanbaru telah memiliki Mall Pelayanan Publik yang menurut penilaian Pemerintah Nasional Kementerian PAN-RB, mall adalah kantor pelayanan terlengkap di Indonesia, yang memberikan layanan baik secara online maupun konvensional.

Langkah besar lainnya adalah dengan memperluas pusat pemerintahan dari Pusat ke Kota ke Kecamatan Tenayan Raya. Di atas areal seluas 100 hektare, dibangun komplek perkantoran baru yang kelak menjadi kawasan pemerintahan yang terintegrasi satu dengan yang lainnya.

Smart Economy disebut sebagai roh pembangunan di Kota Pekanbaru. Memanfaatkan segala potensi yang dimiliki akan terwujud kota yang berkembang pesat dan menjadi lokomotif ekonomi baru.

Firdaus-Ayat tidak hanya membangun fisik kota saja, namun juga konsisten dalam pembangunan sumber daya manusia, melalui pembangunan mental masyarakat, sebagai roh kota menjadi masyarakat yang madani.

Di bidang pendidikan, Pekanbaru memiliki banyak kampus terkemuka di antaranya, Universitas Riau, Universitas Islam Riau, Universitas Muhammadiyah Riau, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Unviersitas Lancang Kuning, Universitas Abdul Rab, Politeknik Caltex Riau, Persada Bunda dan perguruan tinggi negeri maupun swasta lainnya.

Sementara smart mobility adalah sebuah kota dengan sistem pergerakan yang seminim mungkin, hambatan yang serendah mungkin, dan waktu tempuh sesingkat mungkin. Pekanbaru juga memiliki akses transportasi yang sudah terkoneksi dengan baik. Tidak hanya itu, aplikasi transportasi online yang tumbuh di Pekanbaru juga memberikan kemudahan bagi pendatang menyusuri Kota Pekanbaru.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus saat menerima penghargaaan. (ANTARA/dok)


Pekanbaru juga menjadi pionir mode pembangunan terintegrasi dengan kabupaten yang berbatasan langsung yang diberi nama Pekan Sikawan. Pekan Sikawan merupakan anonim dari Pekanbaru, Siak, Kampar dan Pelalawan yang merupakan wilayah perbatasan langsung pada Kota Pekanbaru.

Kemudian, Smart Environment adalah lingkungan yang mampu memberikan kenyamanan, keindahan fisik maupun non fisik, serta keberlanjutan sumber daya bagi masyarakat. Dalam hal ini Pekanbaru sudah memiliki beberapa Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Raih penghargaan buah dari semua kerja keras pasangan ideal tersebut dari tahun 2012 hingga 2022 ini, Pemerintah Kota Pekanbaru telah mendapatkan sebanyak 86 penghargaan baik di tingkat provinsi hingga nasional

Kemudian, ada 27 penghargaan yang didapatkan oleh Walikota Pekanbaru dari tahun 2012-2022 diantaranya,

penghargaan Walikota Inspiratif (2016) dari SIndo Weekly, penghargaan Walikota Enterpreneur Award 2017 dari Markplus Inc, Prediket Pemimpin Visioner bagi Walikota Pekanbaru DR. H. Firdaus, ST, MT. dari Pimpinan MNC Group dalam acara The Power of Collaboration di Jakarta, Penghargaan Achievement of Waste Management di Bali oleh Komite Pengusaha Mikro Kecil Menengah Indonesia (Kopitu), Penghargaan Sebagai Kepala Daerah Berkinerja Terbaik Dalam Pengembangan Kota Sebagai Tujuan Investasi, Penghargaan atas Dedikasi dalam Pengembangan Peran Masjid di Kota Pekanbaru, Walikota Pekanbaru Raih Penghargaan Pembina Pelayanan Terbaik Tingkat Nasional, Penghargaan Nirwasita Tantra Award, Piala Adicita Sewaka Pertiwi.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus saat menerima penghargaaan. (ANTARA/dok)


Multiprestasi tahun 2021

Selain itu, Kota Pekanbaru mendapat sejumlah penghargaan sepanjang 2021. Walau dalam kondisi pandemi COVID-19, namun roda Pemkot Pekanbaru berjalan baik.

Hal ini terbukti dari capaian dan sejumlah penghargaan sepanjang tahun 2021. Penghargaan tersebut, yakni Kota Sangat Inovatif, Kota Digital, Kota Tangguh, Kota Berdaya Saing Sangat Tinggi dan peringkat tujuh dari 100 kota smart di Indonesia.

Kemudian, hal yang sangat membanggakan bagi warga Pekanbaru adalah dinobatkannya oleh pemerintah nasional maupun dari stakeholder lingkup nasional sebagai kota tujuan investasi terbaik di Indonesia delapan tahun berturut sejak 2014, kota dengan jumlah penduduk miskin terendah di Indonesia, kota yang memiliki perputaran uang terbesar di luar Pulau Jawa, Kota yang memiliki MPP terlengkap sehingga menjadi role model nasional.

Pemerintah kota juga secara bertahap memulihkan ekonomi yang terdampak akibat pandemi. Kota Pekanbaru berhasil menekan angka kemiskinan sehingga menjadi kota dengan penduduk miskin terendah ke enam di Indonesia.

Capaian ini membuktikan kepemimpinan Wali Kota Firdaus dan Wakil Wali Kota Ayat Cahyadi tetap meningkatkan kinerja pembangunan menjelang berakhir masa jabatannya pada Mei 2022 mendatang. Semoga penggantinya bisa mempertahankan prestasi ini, atau bahkan lebih baik.