Gubernur Riau dorong UMKM sertifikasi produk halal lindungi konsumen muslim

id Pemrov Riau

Gubernur Riau dorong UMKM sertifikasi produk halal lindungi konsumen muslim

Sertifikat halal bagi produk UMKM juga penting untuk menunjang kegiatan wisata terutama produk-produk UMKM yang menjadi penyumbang pertumbuhan ekonomi di Riau/. (Foto:Antara).

Pekanbaru (ANTARA) - Gubernur RiauSyamsuar terus berupaya mendorong produk UMKM di daerah itu untuk segera disertifikasi halal guna untuk melindungi konsumen muslim terhadap produk makanan dan minuman yang tidak halal.

"Pentingnya produk UMKM disertifikasi halal juga untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi konsumen untuk mengkonsumsi produk makanan dan minuman, karena tidak ada keraguan lagi bahwa produk tersebut terindikasi dari hal-hal yang diharamkan," kata Gubernur RiauSyamsuar di Pekanbaru, Jumat.

Dia mengatakan sertifikat halal bagi produk UMKM juga penting untuk menunjang kegiatan wisata, terutama produk-produk UMKM yang menjadi penyumbang pertumbuhan ekonomi di Riau.

Pemprov Riau, lanjut Syamsuar, siap membantu proses pengurusan sertifikasi halal bagi pelaku-pelaku UMKM yang ada di Riau agar dapat memperoleh sertifikasi.

"Nanti kita bisa bantu, agar sertifikasi halalnya bisa diperoleh oleh pelaku UMKM di sini," ujar Syamsuar.

Selain itu, menurut Syamsuar, Indonesia memiliki banyak destinasi wisata halal yang tersebar di berbagai kota, salah satu wisata halal itu adalah Kota Pekanbaru. Upaya tersebut diwujudkan pemerintah dengan menggandeng pelaku usaha wisata halal, seperti kuliner dan produk UMKM.

"Saya ingin sebuah kota wisata halal, Kota Pekanbaru ini termasuk bagian kota wisata halal," katanya.

Syamsuar juga mendorong pelaku UMKM untuk segera mempersiapkan segala keperluan terkait sertifikasi halal. Apabila terdapat kendala kesulitan di birokrasi, pemerintah daerah siap membantu.

"Saya ingin mengajak kita semua, apapun nama usahanya makanan dan minuman, mari kita siapkan sertifikat halal, guna mendukung pelaku-pelaku usaha kecil, usaha mikro dan sekaligus juga pengembangan UMKM di Riau," katanya.