Menikmati Air Terjun Putri Kayangan di Kampar

id Air terjun,Sungai kopu

Menikmati Air Terjun Putri Kayangan di Kampar

Air terjun putri kayangan. (ANTARA/dok)

Kampar (ANTARA) - Ada banyak destinasi wisata di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Salah satunya adalah Sungai Kopu di Desa Tanjung, Kecamatan Koto Kampar Hulu.

Tempat ini sudah mendapatkan penghargaan Anugerah Pesona Indonesia (API) 2021 yang diberikan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Musi Banyu Asin Sumatera Selatan pada November 2021 dalam kategori wisata air yang bersaing dengan sembilan daerah se-Indonesia.

Sejak itu, lokasi wisata ini selalu ramai dikunjungi masyarakat terutama pada akhir pekan atau hari libur. Hal ini memberikan pendapatan bagi warga setempat yang bisa mengais pundi-pundi rupiah dari pengunjung yang datang.

Alam yang ada sangat mendukung untuk menjadikan daerah sebagai tempat tujuan wisata. Seain pesona bukit-bukit yang indah disertai aliran air terjun, menambah suasana sejuk dan nyaman.

Sungai Kopu dikenal dengan pesona batu cadas yang tersusun apik tinggi menjulang. Hutan rimba di sepanjang sungai itu menambah suasana sangat alami.

Sutomi salah seorang penggerak wisata yang juga Kepala Desa periode 2015-2021 ini telah berupaya membuat desanya menjadi tempat yang menarik dan nyaman untuk berlibur.

"Alhamdulillah, setelah mendapatkan anugerah itu kunjungan wisata ke Desa Tanjung semakin banyak. Salam seminggu bisa mencapai 500 orang," kata dia saat ditemui, Sabtu.

Bicara soal wisata, hal yang terpikirkan bukan saja membuat suatu daerah terkenal, akan tetapi sudah pasti diikuti dengan pendapatan warga yang meningkat. Ini akan menjadi sumber kebangkitan ekonomi tersendiri bagi masyarakat.

Peningkatan kesejahteraan merupakan tujuan pembangunan apalagi kondisi ekonomi masyarakat kian terpuruk dengan adanya wabah penyakit COVID-19.

Sutomi bersama warga setempat telah membuat Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) untuk meningkatkan kreativitas masyarakat dalam menambah penghasilan.

Pokdarwis di desa ini menyediakan sarana parkir yang luas di Ruang Taman Hijau (RTH) yang berada di samping kantor Camat Koto Kampar Hulu.

Di sana juga disediakan kafe atau warung tempat makan minum pengunjung. Fasilitas pendukung lain adalah ruang shalat dan toilet.

Para pengunjung juga akan didampingi pemandu wisata untuk sampai ke lokasi Air Terjun Kayangan.

Tak hanya mengandalkan keindahan secara alami Sungai Kopu, di lokasi itu ada satu permainan wisata air yang cukup menarik, asyik dan menantang yakni Arung Jeram Sungai Kopu.

Di sana, pengelola menyediakan perahu yang dapat disewakan kepada wisatawan yang ingin bermain di derasnya air Sungai Kopu.

Air terjun Putri Kayangan. (ANTARA/dok)


Permainan wisata air Fun Rafting ini sangat asyik dan juga ajang uji nyali. Satu perahu disewakan seharga Rp1 juta untuk 6 orang.

Arubgjeram di Sungai Kopu adalah salah satu sarana hiburan dan olahraga air yang sekarang tengah hits. Untuk melakukan olahraga menantang ini dengan berperahu menyusuri sungai selama 1 jam 30 menit.

Akan tetapi jika hanya ingin ke Air Terjun Putri Kayangan hanya membutuhkan biaya Rp500 ribu untuk sewa per perahu isi 8 orang.

Untuk menuju Air Terjun Putri Kayangan, harus melewati Sungai Kopudengan mendayung perahu selama 30 menit hingga sampai di dermaga Putri Kayangan.

Pengunjung berjalan kaki selama 20 menit melewati hutan belantara dan beberapa air terjun anakan yang mengaliri anak sungai.

Setelah beristirahat sambil main air, pengunjung selanjutnya menyantap bekal makanan sebelum beraksi lagi mengarungi sungai.

Pengunjung akhirnya kembali ke dermaga untuk melakukan Arung Jeram (Fun Rafting) dipandu oleh guide yang sudah disiapkan oleh pengelola. Selamat berakhir pekan di air terjun Putri Kayangan.