Adipura Jadi Kebanggaan "Pasukan Kuning" Pekanbaru

id adipura jadi, kebanggaan pasukan, kuning pekanbaru

Pekanbaru, (antarariau.com) - Keberhasilan Kota Pekanbaru menyabet Piala Adipura pada tahun ini menjadi kebahagiaan tersendiri bagi pekerja kebersihan di Kota Pekanbaru yang akrab disebut "Pasukan Kuning".

Puluhan pekerja kebersihan kota dengan mengenakan seragam lengan panjang kuning, yang menjadi ciri khas mereka, terlihat sudah sejak pagi menunggu kedatangan rombongan pembawa Piala Adipura tiba dari Jakarta di Pekanbaru, Selasa. Mereka bahkan bersama-sama menyambut kedatangan rombongan ke Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru.

Kehebohan pada pasukan kuning tidak sampai disitu, karena mereka juga ikut bersama rombongan untuk berpawai membawa Piala Adipura berkeliling kota. Para pasukan kuning itu terlihat sangat bersuka cita di tengah rombongan pawai, menaiki mobil truk dan bak terbuka di tengah terik mentari siang di tengah kota.

Sementara itu, seratusan pasukan kuning lainnya menunggu dengan setia kedatangan Piala Adipura di halaman Kantor Wali Kota Pekanbaru. Di pelataran lapang itu sudah berdiri tegak tenda besar, dimana mereka duduk di kursi empuk seperti tamu undangan penting pada hajatan itu.

"Tentu kami bangga, bang. Piala Adipura ini serasa jadi kebanggan kita yang setiap hari kerja membersihkan kota," kata seorang ibu petugas kebersihan, Sabahati (35) kepada Antara.

Sabahati mengatakan berharap keberhasilan meraih Adipura itu bisa ikut meningkatkan kesejahteraan mereka sebagai buruh harian petugas kebersihan. Seorang pasukan kuning di Pekanbaru digaji setiap hari dengan honor Rp48 ribu, artinya dengan 30 hari kerja saja pendapatan mereka tak sampai Rp1,5 juta dalam sebulan.

"Kami berharap ada bonus, paling tidak bisa sebesar satu bulan gaji karena kami ini hanya buruh harian yang pendapatannya tergantung kekuatan kami bekerja," ujarnya.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Pekanbaru, Safril, mengatakan pemerintah daerah sudah merencanakan untuk memberi apresiasi kepada petugas kebersihan dalam keberhasilan membantu mendapatkan Piala Adipura. Ia mengatakan setiap petugas yang memiliki anak akan mendapatkan bantuan perlengkapan dan pakaian sekolah.

Selain itu, ia mengatakan pihaknya akan memberi penghargaan kepada petugas kebersihan teladan berupa hadiah berangkat Umroh pada tahun depan.

"Rencananya akan ada dua petuga kebersihan yang akan diberangkatkan umroh tahun depan," ujar Safri kepada wartawan.