Jamsostek Fasilitasi Pengobatan Gratis Warga Dumai

id jamsostek fasilitasi, pengobatan gratis, warga dumai

(antarariau.com) - PT Jamsostek Cabang Dumai, Riau, memberi fasilitas pengobatan gratis ke sekitar 400 masyarakat kurang mampu di Kecamatan Medang Kampai, Kota Dumai, Selasa.

Pengobatan gratis itu ditujukan bagi masyarakat dari empat kelurahan yang ada di Kecamatan Medang Kampai, yaitu Kelurahan Mundam, Kelurahan Pelintung, Guntung dan Teluk Makmur, kata Kabid Pemasaran PT Jamsostek Dumai Aris Tiawan.

Pelayanan pengobatan gratis ini dilakukan dalam rangka kegiatan tahunan BUMN tersebut, serta dalam upaya memberikan kemudahan biaya berobat bagi warga kurang mampu, jelasnya.

Ia mengatakan kegiatan perobatan gratis ini dilaksanakan rutin setiap tahun sebagai wujud kepeduliaan perusahaan penjamin tenaga kerja ini kepada masyarakat sekitar yang kurang mampu.

"Tahun ini kami melaksanakan perobatan gratis di Kecamatan Medang Kampai untuk masyarakat di empat kelurahan yang ada. Sebelumnya, kami menggelar di kecamatan Dumai Barat dengan kegiatan khitanan massal ratusan anak," terang Aris kepada wartawan.

Dia menerangkan bahwa dalam kegiatan perobatan gratis ini, masyarakat dilayani layaknya di perobatan umum, yaitu dimulai dari cek tensi darah, cek gula darah, cek asam urat serta mendapatkan obat yang diberikan secara cuma-cuma.

Guna kepentingan pemeriksaan medis dan pengobatan Jamsostek melibatkan dua tenaga dokter dan dibantu tiga tenaga medis serta dua orang apoteker yang siap melayani masyarakat.

"Silahkan masyarakat memanfaatkan layanan berobat gratis ini untuk kepentingan kesehatan. Setelah selesai berobat di layanan medis dokter, setiap masyarakat pasien akan diberikan bingkisan menarik sebagai persembahan perusahaan," ujarnya.

Menurut Aris, selain menggelar kegiatan berobat gratis, PT Jamsostek juga memiliki beberapa program lainnya, yaitu menyalurkan beasiswa kepada pelajar berprestasi, program pinjaman uang muka perumahan dan pinjaman modal usaha bagi pedagang kecil menengah.

Camat Medang Kampai Wan Khamaruddin mengaku bahwa masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan berobat gratis ini karena akan membantu dan meringankan biaya perobatan. Selain itu juga mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Dumai sehat masyarakat pada 2015.

"Program bantuan berobat gratis ini juga telah dilaksanakan oleh pemerintah daerah melalui Jaminan Kesehatan Kota (Jamkesko) khusus bagi warga kurang mampu yang akan dilayani di kelas III rumah sakit umum daerah," kata Camat.