Vaksinasi anak di Siak dimulai, ditargetkan 60 ribu tuntas Februari

id Vaksinasi anak, Siak, target 60 ribu,vaksinasi siak, vaksinasi anak di siak, berita siak

Vaksinasi anak di Siak dimulai, ditargetkan 60 ribu tuntas Februari

Kegiatan vaksinasi anak yang baru dimulai di Siak. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Siak melangsungkan pencanangan vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6-11 tahun dengan target 60 ribu anak dengan tempat perdana di Aula Sekolah Dasar Islamic Center Siak, Selasa.

"Alhamdulillah cakupan vaksinasi COVID-19 kita sudah mencapai 73,25 persen, dan untuk lanjut usia sudah 60 persen. Dengan capaian ini, maka kita sudah memenuhi syarat untuk bisa melaksanakan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun," kata Bupati Siak, Alfedri.

Lebih lanjut, Bupati Alfedri berharap dalam pelaksanaan vaksinasi ini mendapatkan dukungan dan partisipasi dari seluruh lapisan masyarakat dan penyelenggara pendidikan. Sehingga target pemberian vaksin kepada 60.000 lebih anak usia 6-11 tahun bisa terlaksana dengan baik.

Pihaknya mengharapkan dukungan dari wali murid sehingga kekebalan massal juga terbentuk di sekolah-sekolah. Dengan guru-guru sebelumnya juga sudah divaksinasi, proses belajar tatap muka diharapkan bisa dilaksanakan secara lebih baik.

"Mudah-mudahan ke depan kalau ini sudah terlaksana proses belajar-mengajar bisa normal kembali seperti sebelum adanya COVID-19. Target secara nasional April selesai, tapi kita berusaha di minggu ke-3 Februari ini sebagian besar sudah divaksinasi," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Siak Toni Chandra menambahkan, pemberian vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun ini serentak dilaksanakan di Kabupaten Siak. Target vaksinasi rinciannya 60.639 orang yang terdiri dari SD Negeri 45.818 orang, SD Swasta 9.733, dan Madrasah Ibtidaiyah 5088.

Untuk jenis vaksinnya, Toni menyebutkan yang di rekomendasi untuk saat ini adalah Sinovac. "Jadi vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun ini aman, jangan khawatir karena sudah ada izin edar dari BPOM dan MUI," pungkasnya.

Baca juga: Disdik Pekanbaru minta persetujuan orangtua sebelum anaknya divaksin

Baca juga: Vaksinasi COVID-19 belum 70 persen, Siak siapkan vaksin anak