Dua warga Cipinang Cempedak, Jatim, terkonfirmasi terpapar Omicron

id omicron jakarta

Dua warga Cipinang Cempedak, Jatim,  terkonfirmasi terpapar Omicron

Seorang bocah bersiap mengikuti tes usap COVID-19 massal di Kelurahan Krukut, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat, Senin (10/1/2022). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/wsj

Jakarta (ANTARA) - Dua warga RT 003/008, Cipinang Cempedak, Jatinegara, Jakarta Timur, terkonfirmasi positif COVID-19 varian Omicron berdasarkan hasil tes usap polymerase chain reaction (PCR).

Lurah Cipinang Cempedak, Abdul Muin, mengatakan dua warga yang terpapar COVID-19 varian Omicron itu berasal dari satu keluarga.

"Benar, ada warga kami yang menurut informasi kami terima dari hasil labPuskesmas bahwa ada dua di RT 003/08 yang terpapar Covid-19 dengan varian Omicron dan informasi itu kami dapat Jumat (7/1) lalu," kata Abdul Muin di Jakarta, Senin.

Muin menambahkan bahwa pihaknya langsung melakukan penelusuran terkait riwayat kontak warga yang terpapar COVID-19 varian Omicron.

Dia mengatakan sebanyak 30 orang warga di lingkungan tersebut langsung dilakukan tes usap PCR massal yang kemudian diketahui hasilnya negatif.

"Kami Satgas COVID-19 Cipinang Cempedak langsung melakukan tindakan bersama dengan Puskesmas dengan tujuan mencari kronologis serta 'tracing' (penelusuran)," ujar Muin.

Lebih lanjut, Muin mengatakan saat ini dua warga yang terkonfirmasi positif COVID-19 varian Omicron itu menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah.

Satgas membolehkan dua warga tersebut untuk isolasi mandiri di rumah berdasarkan hasil survei kelayakan tempat isolasi mandiri.

"Sudah kami minta untuk dirujuk ke RSD Wisma Atlet namun karena ada pertimbangan beliau tidak berkenan. Sehingga beliau sekarang menjalani isoman dan sudah membuat surat pernyataan untuk mematuhi prokes dan tidak akan ke luar rumah," tutur Muin.