Serahkan traktor ke petani, Bupati Kampar: Jaga dan dioperasionalkan yang ngerti mesin

id Bupati kampar, traktor petani, pertanian kampar

Serahkan traktor ke petani, Bupati Kampar: Jaga dan dioperasionalkan yang ngerti mesin

Bupati Kampar Catur SS (kanan) saat memberikan traktor secara simbolis kepada petani. (ANTARA/dok)

Bangkinang Kota (ANTARA) - Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto menyerahkan traktor untuk kelompok tani Sumber Rezeki Desa Tapung Lestaridi halaman Kantor Desa Tapung Lestari Kecamatan Tapung Hilir, Kamis (6/1).

Bupati berharap agar ke depannya dengan traktor ini dapat meningkatkan hasil produksi pertanian dan masyarakat bisa lebih produktif dan efektif dalam mengelola lahan pertanian.

"Gunakan alat ini dengan sebaik-baiknya, dijaga dan dioperasionalkan oleh operator yang tahu dan mengerti akan mesin pertanian tersebut sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat dalam mengembangkan dan mengelola lahan pertanian," imbuhnya.

Di sisi lain, Mas Catur panggilan akrabnya ini juga mengimbau masyarakat agar selalu mejaga protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan, dan jaga jarak. Dia jua mengingatkan agar masyarakat yang belum divaksin agar segera melakukan vaksin COVID-19.

Pada kesempatan itu juga, Bupati Kampar sangat berterima kasih dan apresiasi kepada Desa Tapung Lestari yang telah mencapai vaksinasi lebih kurang 93 persen di akhir 2021.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Kampar Nur Ilahi Ali menyampaikan melalui bantuan traktor ini diharapkan dapat meningkatkan produktifitas dan produksi khususnya tanaman pangan dan hortikultura, dapat menekan biaya usaha tani, mendorong percepatan pengembangan usaha tani dan memotivasi kelompok tani lebih profesional.

Kepala Desa Tapung Lestari Saepi Hidayat juga berterimakasih kepada Bupati yang telah memberikan traktor ini, "Mesin pertanian ini sangat bermanfaat bagi masyarakat kami dalam mengolah lahan pertanian," kata dia.

Dia juga menyampaikan bahwa Desa Tapung Lestari selain traktor roda empat juga sudah mendapatkan bantuan berupa mobil ambulans dan sapi untuk dua kelompok tani.