Begini cara PLN mudahkan pelanggan bayar tagihan dan beli token via aplikasi

id pln,pelanggan,bayar tagihan,beli token,aplikasi

Begini cara PLN mudahkan pelanggan bayar tagihan dan beli token via aplikasi

PT PLN (Persero) berkomitmen memberikan kemudahan kepada pelanggan dalam melakukan pembayaran tagihan dan pembelian token listrik melalui aplikasi PLN Mobile. ANTARA/HO-PT PLN

Jakarta (ANTARA) - PT PLN (Persero) berkomitmen memberikan kemudahan kepada para pelanggannya dalam melakukan pembayaran tagihan dan pembelian token listrik melalui aplikasi PLN Mobile.

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN Agung Murdifi mengatakan PLN berkomitmen memberikan kemudahan pembayaran tagihan dan pembelian token listrik.

"Sekarang PLN Mobile bisa dibilang super app, karena pelanggan juga dapat dengan mudah dan cepat membayar tagihan atau membeli token listrik," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

PT PLN (Persero) memberikan kemudahan dalam membayar tagihan dan membeli token listrik melalui aplikasi PLN Mobile. Selain kemudahan, PLN juga menyajikan petunjuk sederhana sehingga memberikan kecepatan dalam proses transaksi.

Agung menjelaskan setidaknya ada tiga pilihan menu yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran tagihan atau membeli token listrik.

Opsi pertama pelanggan memilih menu "Kelistrikan", kemudian pilih ID Pel yang akan dilakukan proses pembayaran rekening listrik, atau menuju pada menu “Pemberitahuan” (untuk ID pelanggan pascabayar yang telah didaftarkan pada akun PLN Mobile).

Opsi kedua pelanggan memilih menu “Token dan Pembayaran”, kemudian masukkan Nomor ID pelanggan yang akan dilakukan pembayaran (apabila belum terdaftar pada akun PLN Mobile), atau pilih ID pelanggan yang akan dilakukan pembayaran (apabila sudah terdaftar pada akun PLN Mobile).

Opsi ketiga pelanggan menuju pada fitur “Pemberitahuan”, apabila pelanggan telah mendaftarkan ID Pel pada PLN Mobile akan tampil pemberitahuan antara lain Tagihan Listrik (Pasca Bayar), Sisa Token (Pra Bayar), dan Pemadaman yang terjadi hingga info Nyala akibat pemadaman.

Setelah memilih salah satu opsi di atas, pelanggan akan ditujukan untuk melakukan pembayaran, yakni akan tampil daftar tagihan, pilih tagihan yang terbit, pilih “pilih tagihan”, kemudian akan muncul detil tagihan pilih “lanjutkan pembayaran”.

Selanjutnya muncul halaman pembayaran, pelanggan dapat memilih metode pembayaran dengan pilih “ganti metode pembayaran”. Apabila sudah memilih metode pembayaran, pilih “bayar”, lalu akan tampil Batas Waktu Pembayaran, selesaikan pembayaran, apabila telah selesai, pilih “lihat transaksi saya”, akan terhubung ke halaman riwayat transaksi. Pelanggan kemudian akan menerima notifikasi dai HP seperti gambar di atas.

Baca juga: Gubernur Riau dan PLN resmikan stasiun pengisian kendaraan listrik pertama

Sementara itu, untuk pembelian token listrik, setelah memilih salah satu opsi di atas, pelanggan akan diarahkan pada instruksi yakni setelah pilih ID Pel/No Meter, akan tampil daftar tagihan, pilih “beli token”, kemudian pilih nominal token yang akan dibeli, dan pilih “lanjutkan pembayaran”

Nantinya muncul halaman pembayaran, pelanggan dapat memilih metode pembayaran dengan pilih “ganti metode pembayaran”. Apabila sudah memilih metode pembayaran, pilih “bayar”. Lalu Pilih metode pembayaran. Kemudian akan tampil batas waktu pembayaran, selesaikan pembayaran. Apabila telah selesai, pilih “lihat transaksi saya" akan terhubung ke halaman riwayat transaksi. Lalu muncul tampilan Riwayat Transaksi. Pelanggan akan menerima notifikasi di HP seperti gambar di atas.

Selain fitur pembayaran tagihan dan pembelian token listrik, masih banyak layanan PLN Mobile yang sangat membantu pelanggan.

"Maka dari itu, bagi pelanggan PLN yang belum memiliki PLN Mobile dapat segera mengunduh secara gratis melalui PlayStore atau AppStore untuk mendapatkan informasi dan layanan kelistrikan terkini," kata Agung.

Baca juga: Jangan heran, aplikasi PLN Mobile punya layanan baca meter sendiri

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2021