Jelang libur Tahun Baru 2022, Pertamina jamin ketersediaan stok elpiji nasional

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,elpiji

Jelang libur Tahun Baru 2022, Pertamina jamin ketersediaan stok elpiji nasional

Ilustrasi - Pekerja mendistribusikan elpiji subsidi ukuran tabung tiga kilogram. (ANTARA/HO-Pertamina)

Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) menjamin ketersediaan stok elpiji nasional jelang libur Tahun Baru 2022, baik itu produk elpiji subsidi ukuran tiga kilogram maupun non subsidi ukuran 5,5 dan 12 kilogram.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan ketahanan stok elpiji nasional berada pada angka 16 hari, jauh di atas standar yang ditetapkan 11 hari.

Baca juga: Pertamina imbau pelanggan elpiji nonsubsidi tak beralih pakai elpiji subsidi

“Selama perayaan tahun baru konsumsi elpiji diperkirakan naik sekitar 3,0 persen dari rata-rata normal harian. Kami telah menyiapkan stok yang aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap elpiji,” kata Fajriyah dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Saat ini, Pertamina telah menyiagakan 48.207 agen elpiji siaga dan toko elpiji selama libur Tahun Baru 2022.

Perseroan telah menyiagakan Satuan Tugas Natal dan Tahun Baru yang siaga 24 jam untuk melayani permintaan elpiji di seluruh Indonesia.

Selain itu, Pertamina juga melayani pemesanan elpiji secara daring melalui Pertamina Delivery Service (PDS) 135.

Baca juga: Pertamina Sumbagsel siapkan stok elpiji 3 kg untuk kebutuhan jelang akhir tahun

Pelanggan cukup memesan elpiji yang dibutuhkan melalui telepon atau WhatsApp, agen Pertamina nanti yang akan mengirim elpiji ke rumah pelanggan.

Pertamina juga menyediakan program tukar tabung elpiji tiga kilogram ke tabung Bright Gas ukuran 5,5 kilogram.

Demi mendukung kelancaran distribusi elpiji secara nasional, Pertamina telah menyiapkan rantai distribusi mulai dari depot, SPBBE, agen, pangkalan hingga toko elpiji.

Pertamina telah menyiapkan 667 SPBBE, 4.152 agen subsidi, 820 agen non subsidi, 188.788 toko subsidi, dan 34.534 toko non subsidi.

Proses distribusi elpiji nasional telah menggunakan teknologi digital yang dapat dipantau secara langsung melalui Pertamina Integrated Command Center (PICC).

“Kami bisa dengan cepat mengantisipasi lonjakan permintaan elpiji di suatu wilayah, sehingga bisa mencegah terjadinya kelangkaan. Kesiapan dan ketersediaan elpiji yang cukup hingga pelosok Tanah Air diharapkan bisa mendukung kelancaran perayaan Tahun Baru 2022," ujarnya.

Baca juga: Stok elpiji 3 kg di Dumai kosong, ini alasannya