Dharma Firdaus resmi nahkodai DMDI Bengkalis

id dmdi,bengkalis,dunia melayu dunia islam,kabupaten,riau

Dharma Firdaus resmi nahkodai DMDI Bengkalis

Ketua DMDI Kabupaten Bengkalis Dharma Firdaus mengibarkan bendera DMDI dalam acara pelantikan dan pengurus DMDI Kabupaten Bengkalis. (ANTARA/HO-Diskominfotik)

Bengkalis (ANTARA) - Ketua Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Propinsi Riau Datuk Ajis bin Manaf resmi melantik kepengurusan DMDI Kabupaten Bengkalis yang dinakhodai Darma Firdaus. Pelantikan tersebut dihadiri langsung Bupati Bengkalis Kasmarni yang digelar di Balai Kerapatan Wisma Daerah Sri Mahkota, Senin.

Darma Firdaus mengatakan, terbentuknya DMDI Kabupaten Bengkalis merupakan inisiasi serta silaturrahmi bersama jajaran pengurus yang telah resmi menyandang sebagai pengurus, untuk menyatukan persepsi dalam upaya memberdayakan dan mengembangkan potensi masyarakat Melayu, agar dapat berkarya dan bertakwa kepada Allah, SWT.

Selain itu juga menumbuhkan kecintaan terhadap dunia melayu dunia Islam. Sesuai dengan tema, Meneguhkan Nilai-Nilai Islam dan Membangun Tamadun Melayu Menuju Negeri Yang Bermarwah, Maju dan Sejahtera.

Ia juga mengatakan, hadirnya DMDI di Negeri Melayu Bengkalis, tentunya bertujuan sebagai organisasi yang mengakomodir dan menciptakan insan-insan masyarakat Melayu Bengkalis, yang peduli dengan Dunia Melayu Dunia Islam.

“Dunia Melayu Dunia Islam ini mendunia. Kita tidak bicara, Bengkalis semata. Tapi juga berbicara negara-negara besar Islam yang tergabung di DMDI. Selain itu DMDI hadir dalam menjaga dan menggali khazanah budaya Islam di Negeri Junjungan, termasuk warisan-warisan sejarah yang ada,”kata Dharma.

Pria yang akrab disapa Ucok ini mengatakan, DMDI Bengkalis akan melakukan inventarisasi segala bentuk warisan sejarah Islam, yang berkembang di Kabupaten Bengkalis. Termasuk adanya makam-makam tua, yang ternyata merupakan makam salah satu pejuang Islam, Habib Abdurrahman bin Yasin Ba’alawi di Desa Pengkalan Batang, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis.Kemudian program Bengkalis Ngaji, yang akan terus digalakkan, hingga ke pelosok desa.

“Saya berusaha bagaimana semua umat Islam yang ada di Negeri Junjungan Bengkalis, bisa bersatu untuk melestarikan khazanah budaya Melayu dan Islam yang diwariskan oleh pendahulu-pendahulu serta pejuang atau syuhada baginda Rosullullah, SAW. Ini akan kami agendakan nantinya dalam program kerja DMDI Kabupaten Bengkalis,”papar Ucok yang juga menjabat sebagai Ketua KONI Bnegkalis ini.

Sementara itu, Ketua DMDI Provinsi Riau Datok Ir. Ajis dalam kesempatan itu mengucapkan rasa terimakasihnya kepada Bupati Bengkalis Kasmarni, yang berkenan hadir di sela-sela pelantikan.

"Tahniah, kepada pengurus DMDI Kabupaten Bengkalis, semoga amanah dalam mengemban tugas yang diberikan," ujarnya.

Bupati Kasmarni berpesan agar segenap pengurus DMDI untuk memberikan kontribusi terbaik, dalam menjalankan tugas serta dapat melahirkan program-program cemerlang dan juga berharap keberadaan DMDI untuk tegak lurus mendukung visi, misi, program serta kebijakan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Selain itu, mantan Camat Pinggir itu menilai DMDI sangat strategis dalam kehidupan masyarakat melayu dan dunia Islam di Kabupaten Bengkalis.

"Karena dapat menjadi penghubung antara ajaran agama dengan realitas sosial kehidupan masyarakat Melayu di daerah ini," harapnya.