GALERI FOTO - Gubri hadiri pelantikan Dunia Melayu Dunia Islam Riau

id galeri,galeri foto,dmdi,dmdi riau

GALERI FOTO - Gubri hadiri pelantikan Dunia Melayu Dunia Islam Riau

Gubernur Riau Syamsuar saat menghadiri pelantikan pengurus DMDI Riau. (ANTARA/HO-Diskominfotik Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menghadiri pelantikan pengurus Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Provinsi Riau masa khidmat 2023-2026 di Aula Gedung Menara Dang Merdu Bank Riau Kepri Syariah, Senin, 4 Sepetember2023

Pelantikan tersebut disaksikan langsung oleh Presiden DMDI Dunia Tun Seri Setia Mohammad Ali Bin Mohammad Rustam Yang Dipertuan Negeri Melaka. Sedangkan yang melantik pengurus DMDI Riau yakni Ketua Umum DMDI Indonesia Datuk Said Aldi Al Idrus.

Presiden DMDI Dunia Tun Seri Setia Mohammad Ali Bin Mohammad Rustam Yang Dipertuan Negeri Melaka. Sedangkan yang melantik pengurus DMDI Riau yakni Ketua Umum DMDI Indonesia Datuk Said Aldi Al Idrus. (ANTARA/HO-Diskominfotik Riau)


Adapun ketua pengurus yang dilantik sebagai Ketua DMDI Provinsi Riau ialah Masrul Kasmy yang kini menjabat sebagai Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau.

Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) adalah sebuah organisasi yang bergerak di bidang sosial budaya dan dakwah. Berdiri pada tahun 2000 di Malaka, Malaysia. Organisasi ini berkembang pesat hingga tersebar di 29 negara. Tujuan organisasi ini dibangun yakni untuk menjalin silaturrahim sesama bangsa Melayu di seluruh dunia, memajukan perekonomian, pendidikan dan kebudayaan, melestarikan nilai-nilai sejarah dan perjuangan, mewujudkan perdamaian, dan melaksanakan dakwah Islamiah.

Presiden DMDI Dunia Tun Seri Setia Mohammad Ali Bin Mohammad Rustam Yang Dipertuan Negeri Melaka (kanan dua). (ANTARA/HO-Diskominfotik Riau)


Saat memberikan sambutan, orang nomor satu di Riau ini menyampaikan ucapan selamat dan tahniah atas pelantikan kepengurusan DMDI Provinsi Riau masa khidmat 2023-2026.

"Kami menyambut gembira dan mengapresiasi yang luar biasa kepada DMDI, sebuah organisasi yang fokus terhadap urusan-urusan sosial, budaya melayu dan agama islam yang terus mengalami kemajuan di berbagai negara," kata Syamsuar.

"Tahniah kepada kepengurusan yang baru dilantik," tambahnya.

SuasnapelantiaknDMDI ProvinsiRiau. (ANTARA/HO-Diskominfotik Riau)


Sesuai dengan undang-undang nomor 5 tahun 2017 tentang kemajuan kebudayaan adalah upaya meningkatakan ketahanan budaya dan kontribusi budaya Indonesia di tengah-tengah peradaban dunia. Melalui perlindungan, pengembangan, pemanfaat dan pembinaan kebudayaan.

Budaya melayu adalah budaya bangsa Indonesia yang patut dikembangkan dan dilestarikan, oleh karenanya jika seseorang berkarya maka akan terhubung dengan keadaan dan hal-hal yang mempengaruhinya.

Para tamu undangan saat menghadiri pelantikan pengurus DMDI Riau. (ANTARA/HO-Diskominfotik Riau)


Maka DMDI ini akan sangat bernilai sebagai percakapan konsep melayu dan kreativitasnya untuk pengembangan diri dalam melestarikan dan mempertahankan budaya bangsa sekaligus bergerak di berbagai bidang, baik pendidikan, sosial, ekonomi dan sekaligus mempersiapkan peningkatan SDM di masa yang akan datang.

"Karena kita yang berkualitas inilah yang mampu bersaing dengan yang ada di tanah air Indonesia ini," pungkasnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut diantaranya yakni, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Riau, ketua DMDI Malaysia, tokoh Masyarakat Riau, tokoh adat, tokoh agama, serta tamu undangan lainnya. (Adv)

Gubernur Riau saat memberikansambutan dalam pelantikan pengurus DMDI Riau. (ANTARA/HO-Diskominfotik Riau)
Gubernur Syamsuar saat menerima audiensi pengurus DMDI Riau. (ANTARA/HO-Diskominfotik Riau)


Gubernur Syamsuar saat menerima audiensi pengurus DMDI Riau. (ANTARA/HO-Diskominfotik Riau)
Gubernur Syamsuar saat berfoto bersama pengurus DMDI Riau. (ANTARA/HO-Diskominfotik Riau)
Gubernur Syamsuar saat berfoto bersama pengurus DMDI Riau. (ANTARA/HO-Diskominfotik Riau)