Capaian vaksinasi Kabupaten Siak masih di bawah 50 persen

id Siak, vaksin siak, bupati siak, vaksinasi siak

Capaian vaksinasi Kabupaten Siak masih di bawah 50 persen

Bupati Siak Alfedri saat rapat penanganan COVID-19. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Bupati Siak Alfedri menyampaikan capaian vaksinasi di kabupaten yang ia pimpin masih rendah yakni baru mencapai 47,98 persen atau sekitar 172 ribu jiwa dari total target kita 344 ribu jiwa sehingga dalam kurun waktu 22 hari ke depan 70 persen.

"Seharusnya target kita Desember ini sudah 70 persen, kita diperintahkan harus menyelesaikan vaksinasi sampai akhir Desember 2021. Maksimal harus mencapai 70 persen vaksinasi di masing-masing kabupaten/kota di Provinsi Riau," katanya di Siak, Rabu.

Artinya, lanjut dia, ada waktu 22 hari untuk menyelesaikan 181 ribu atau sekitar 52 persen masyarakat yang belum divaksin. Itu dilakukan dengan pencanangan pekan vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Siak yang dimulai di Kecamatan Tualang.

Dikatakannya juga bahwa capaian vaksinasi di Riau juga baru 51 persen dan gubernur menginstruksikan kabupaten agar kejar target vaksinasi. Secara nasional program awal untuk Riau awal Desember ini ditargetkan 100 persen.

"Tentu ini menjadi perhatian kita semua bagaimana capaian vaksinasi ini sesuai dengan target yang telah di tentukan sebelumnya," tambah dia.

Selain itu pihaknya juga merasa perlu mengantisipasi gelombang ketiga wabah COVID-19 dan ancaman varian baru B.1.1.529 atau Omicron menjadi salah satu perhatian Dunia. Pasalnya varian ini berbahaya di bandingkan dengan yang lainnya.

"Kabarnya sudah ditemui di Singapura, ini kan dekat dengan kita," imbuhnya.

Untuk itu, lanjutnya dibutuhkan kerjasama semua pihak para camat, lurah, TNI/Polri, Dinas kesehatan dan masyarakat. Tentunya untuk mencapai kekebalan kelompok butuh 70 persen dari masyarakat di wilayah baik kecamatan dan kabupaten sudah divaksin.

"Saya berharap dengan kerja keras kita bersama-sama dan berbagai strategi dan langkah-langkah dan terobosan, bisa kita lakukan bersama," pintanya.

Baca juga: 3.884 warga Bengkalis divaksin COVID-19 dalam sehari

Baca juga: Inhu target vaksin 11.000 orang per hari