PT Kereta Api Indonesia turut tanam pohon sukseskan Program BUMN Hijaukan Indonesia

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,tanam pohon

PT Kereta Api Indonesia turut tanam pohon sukseskan Program BUMN Hijaukan Indonesia

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo melakukan penanaman pohon di Stasiun Bandung, pada Selasa (7/12). (PT KAI)

Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) turut menyukseskan program BUMN Hijaukan Indonesia dengan melakukan penanaman 38 pohon di Stasiun Bandung yang dilaksanakan langsung oleh Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo beserta jajaran direksi, pada Selasa (7/12).

Didiek mengatakan, program ini ditujukan untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan dapat menangkal polusi udara.

"Pagi ini kita bersama-sama melaunching program KAI bersama BUMN Hijaukan Indonesia. Gerakan ini harus terus disosialisasikan pada seluruh insan KAI agar tidak berhenti sebagai satu simbol tetapi sekaligus membangun kesadaran mengenai lingkungan,” kata Didiek Hartantyo dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Satpol PP DKI tanam 2.000 pohon untuk hijaukan Jakarta

Didiek mengatakan, program penghijauan di Stasiun Bandung tersebut dilakukan dengan menanam 38 pohon yang terdiri dari pohon buah-buahan, trembesi, tabebuya, dan pule.

Kata dia, KAI akan terus melakukan penghijauan di seluruh stasiun agar kualitas udara akan semakin baik.

Langkah penghijauan di stasiun juga dilakukan dengan pembuatan taman-taman di area stasiun yang merupakan bagian dari peningkatan pelayanan kepada para pelanggan.

Baca juga: Jakarta Timur tanam 1.500 pohon pelindung di Cipayung

Dengan semakin banyak stasiun yang asri dan indah maka pelanggan akan merasa nyaman saat akan menggunakan layanan kereta api.

“Di masa pandemi mari kita selalu melakukan langkah langkah inovasi terobosan, baik yang langsung berpengaruh pada kinerja perusahaan maupun secara tidak langsung,” ujarnya.

Selain penghijauan di kawasan stasiun, KAI juga telah memberikan bantuan pelestarian alam di sejumlah daerah melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Di tahun 2021 ini, KAI telah menyalurkan TJSL bantuan pelestarian alam dengan total Rp245.500.000 atau sebanyak 13.050 batang pohon.

Baca juga: Pemkab Bangka Tengah tanam sebanyak 2.000 bibit pohon di lahan kritis

Adapun rincian bantuan tersebut berupa 800 batang bibit bambu, 5.500 batang bibit aren di Kab. Temanggung; 100 batang bibit buah nangka, 100 batang bibit buah nangka sayur, 200 batang bibit pohon petai, dan 200 batang bibit pohon pala di Jakarta Timur; 150 batang bibit buah jambu jamaika di Ogan Komering Ulu; dan 6.000 batang bibit mangrove di Kab. Batu Bara.

Ke depan, KAI akan terus melakukan penghijauan dengan melakukan penanaman ribuan batang pohon di berbagai daerah dalam rangka bantuan pelestarian alam.

Baca juga: Presiden RI Joko Widodo tanam pohon bersama masyarakat NTB

Didiek mengungkapkan, dukungan KAI pada program BUMN Hijaukan Indonesia ini sejalan dengan pernyataan Presiden Joko Widodo pada konferensi G20 dimana Indonesia berkontribusi dalam menangani perubahan iklim dan mengelola lingkungan secara berkelanjutan.

“Gerakan KAI dalam BUMN Hijaukan Indonesia ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam upaya mengurangi pemanasan global sekaligus membantu pencapaian target emisi 0 pemerintah pada tahun 2060,” tutup Didiek.

Baca juga: Cegah erosi dan abrasi, Pertamina RU VII dan mitra tanam 5.000 pohon bakau