Tumbuhkan local pride, siswa SMP kunjungi Rumah Batik Andalan

id rapp,rumah batik andalan,batik,pelalawan,riau

Tumbuhkan local pride, siswa SMP kunjungi Rumah Batik Andalan

Suasana kunjungan Siswa Global Andalan ke Rumah Batik Andalan. (ANTARA/dok)

Pangkalan Kerinci (ANTARA) - Meningkatkan kecintaan dan menumbuhkan semangat local pridepelajar di tengah perubahan sosial dan era digital, siswa kelas 9 SMP Global Andalan mengunjungi Rumah Batik Andalan (RBA) binaan Community Development PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP).

Kepala Sekolah SMP Global Andalan, Adven Daeli mengatakan program ini menanamkan kepada siswa agar menanamkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar bahkan secara global salah satunya bagaimana membangun kecintaan dan kebanggaan terhadap produk lokal.

“SMP Global Andalan memiliki sebuah program untuk mengangkat isu-isu yang ada di sekitar dan sejalan dengan agenda dunia yaitu Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) atau yang dikenal dengan SDGs, salah satunya mengangkat produk lokal

batik bono Pelalawan yang mana rumah produksinya yaitu Rumah Batik Andalan.

Kunjungan ini untuk menggali informasi yang luas tentang filosofi batik bono, produksi, dan pemasaran hingga melihat langsung kegiatan produksi batik bono. Selain itu, mereka juga merasakan sensasi langsung mencanting hingga membuat batik cap,” tutur AdvenDaeli, Selasa (2/11).

Adven menjelaskan untuk membagikan rasa kecintaan dan kebanggaan tersebut di dalam rangkaian program ini para siswa diharapkan mampu membuat sebuah karya promosi tentang batik bono secara berkelompok. Karya wajib masing-masing kelompok mampu membuat twibbon, sementara itu karya yang bersifat pilihan siswa mampu membuat video cinematic atau poster yang akan diunggah di media sosial.

“Saya senang dengan kegiatan seperti ini. Saya jadi lebih mengetahui tentang produk lokal batik bono serta lebih mendapatkan konsep dan inspirasi untuk membuat project video cinematic dalam kelompok saya nanti,” ujar Dimas salah satu siswa kelas 9B.