KPID Riau gelar talkshow peran media di radio

id KPID talkshow di Swai fm,Kpid riau

KPID Riau gelar talkshow peran media di radio

KPID Riau usai gelar talkshow di radio. (ANTARA/Asripilyadi)

Rengat (ANTARA) - Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Riau mengunjungiSwai FM dan menggelar talkshow dengan tema "Peran Media di Masa COVID-19" Jumat.

Adapun sebagai narasumber dalam acara tersebut yakni Ketua KPID Riau, Falzan Surahmandan Koordinator Bidang Kelembagaan KPID Riau M Asrar Ruis.

Di awal pembicaraan,Falzan Surahman menjelaskan visi misi KPID Riau yang ingin mewujudkan sistem penyiaran yang sehat, adil dan berkualitas.

"Dengan tujuan memperkukuh integrasi nasional, menjaga watak dan prilaku ciri bangsa yang beriman dan bertakwa serta mencerdaskan kehidupan bangsa," ujarnya.

Karena, pada masa pandemi ini banyak sekali media yang memberikan informasi seputar COVID-19. Sedangkan, untuk mewujudkan visi misi KPID, Falzan meminta media penyiaran menyaring dan memilih informasi yang tepat sebelum dipublikasikan kepada masyarakat.

Setakat ini, informasi sangat banyak, harus disaring dan dipilih agar tidak menimbulkan kekacauan informasi yang dapat berdampak luas.

Sedangkan, pada kesempatan itu juga, Koordinator Bidang Kelembagaan KPID Riau, Asrar menyebutkan, media penyiaran di masa pandemi COVID-19 memiliki peran yang sangat penting. Terutama untuk menyampaikan informasi, mengedukasi secara aktif, masif terkait COVID-19 dan mengajak masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan.

"Selain tidak menyiarkan hoaks, media juga harus memberikan informasi yang tidak menimbulkan kepanikan dan kegaduhan," tambahnya.

Sejalan dengan hal tersebut, Falzan menambahkan, berita seputar COVID-19 yang disiarkan harus optimis, sesuai dengan Pedoman Pelaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 & SPS), tujuannya agar masyarakat tetap semangat dan tidak putus asa dalam menghadapi pandemi COVID-19 ini.

Di akhir perbincangan, Falzan berharap Radio SWAI FM semakin tumbuh dan berkembang sesuai perkembangan teknologi saat ini serta menjadi rujukan informasi di Kabupaten Indragiri Hulu.

Menanggapi talkshow ini, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Inhu, Jawalter, mengucapkan terimakasih kepada KPID Riau yang telah hadir memberikan ilmu seputar penyiaran sehat di masa pandemi.

"Karena, ilmu ini bermanfaat bagi semua pihak," ujarnya.

Dan, akan menerapkannya tak hanya di media penyiaran, tetapi juga pada media informasi yang dikelola Diskominfo Indragiri Hulu.
Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2021