Siak tuan rumah sekolah kader pengawas partisipatif Bawaslu RI

id Siak, bawaslu siak

Siak tuan rumah sekolah kader pengawas partisipatif Bawaslu RI

Kegiatan pembukaan SKPP Bawaslu RI.(ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Republik Indonesia melaksanakan pembukaan Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) tahun 2021di Kabupaten Siak yang dihadiri oleh Pimpinan Bawaslu RI Moch Affifuddin.

Wakil Bupati Siak Husni Merzamengucapkan selamat datang kepada pimpinan Bawaslu Moch Affifudin yang telah berkenan mengunjungi Siak. "Semoga ini bukan kedatangan yang pertama dan terakhir biasanya kalau dah terminum air Siak Insya Allah akan ada kunjungan seterusnya," kata Husni.

Ia menambahkan kegiatan SKPP merupakan salah satu kegiatan utama Bawaslu dalam program pengawasan. Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah dalam memberi pendidikan politik kepada masyarakat.

Pihaknya mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada Bawaslu yang telah memilih Kabupaten Siak menjadi pelaksanaan SKPP. "Semoga dapat meningkatkan peran aktif masyarakat Kabupaten Siak dalam menjalankan hak demokrasi sebagai pemilih maupun pengawal proses demokrasi," ujar Husni.

Pelatihan ini diikuti oleh 90 orang yang terdiri dari dua Kabupaten yakni Siak dan Meranti dan 1 Kota Pekanbaru ini dilaksanakan 10-12 September 2021.

Menurut pimpinan Bawaslu RI Moch Affifuddin SKPP merupakan program nasional sejak 2017 kami melaksanakan program ini secara bertahap.

Awalnya hanya dilaksanakan lima provinsi saja, tetapi dengan berjalannya waktu terdapat sesuai menopang kebijakan dengan visi misi presiden. Program ini dianggap pendidikan ke masyarakat hubungan dengan pengawasan pemilu.

"Tahun 2021 akan ada 10 ribu pendidikan untuk kader pengawas hingga akhir tahun," ucap Affifuddin.

Sementara Ketua Bawaslu Riau Rusdi Rusdan dalam sambutannya menyampaikan pelatihan kader ini sangat penting dalam mewujudkan penyelenggaraan pemilu yang transparan, bermarwah, bermartabat dan berkualitas. "Inilah salah satu jawaban dari selentingan orang terhadap pemilu yang dilakukan dengan curang," kata Rusdi.