Psikolog imbau orang tua agar perhatikan kesehatan mental anak saat pandemi COVID-19

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, kesehatan mental,prikolog

Psikolog imbau orang tua agar perhatikan kesehatan mental anak saat pandemi COVID-19

Ilustrasi anak yang mengalami masalah kesehatan mental (ANTARA/Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Psikolog anak dan remaja Vera Itabiliana Hadiwidjojo dari Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia imbau orang tua agar tak hanya berfokus pada kesehatan fisik anak melainkan juga harus memperhatikan kesehatan mental anak di tengah pandemi.

"Pandemi ini banyak kebutuhan anak yang tidak bisa sepenuhnya dipenuhi seperti kebutuhan untuk bermain bebas di luar, bergerak bebas dan bersosialisasi," kata Vera saat dihubungi ANTARA, Sabtu.

Baca juga: Pentingnya melindungi kesehatan mental anak saat menghadapi pandemi COVID-19

Dia menjelaskan bahwa hal tersebut dapat menyebabkan anak merasa tertekan dan merasa tidak berdaya untuk mengubah keadaan. Apalagi jika tuntutan dari sekolah dan keluarga yang dirasa semakin berat.

"Keduanya sejajar dan pegang peranan sama penting bagi tumbuh kembang anak. Jika anak sakit fisik, kita segera bawa ke dokter. Semestinya begitu juga dengan ketika anak terlihat mulai terganggu mentalnya," ujar Vera.

Baca juga: Gangguan mental saat pandemi bisa dorong anak untuk sakiti diri sendiri

Sejalan dengan Vera, Psikolog Muthmainah Mufidah dari Universitas Indonesia juga mengatakan bahwa mencintai anak apa adanya juga salah satu hal penting untuk menjaga kesehatan mental anak.

"Tugas kita sebagai orang tua kan mencintai anak apa adanya dan membimbingnya sehingga menjadi lebih baik. Jadi ketika anak sedang mengalami kesulitan, apapun kondisinya, tunjukkanlah bahwa kita memang benar-benar mencintainya dan mau menolongnya untuk merasa lebih baik," ujar Mufidah.

Namun, apabila orang tua belum memahami tentang masalah kesehatan mental, dia mengimbau agar orang tua tidak ragu untuk mencari bantuan profesional.

Baca juga: Ponsel Ganggu Kesehatan Mental Anak Usia Dini
Pewarta :
Editor: Vienty Kumala
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar