Menkop dan UKM Teten Masduki apresiasi 5 provinsi dengan partisipasi berkoperasi tertinggi

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,Menkop

Menkop dan UKM Teten Masduki apresiasi 5 provinsi dengan partisipasi berkoperasi tertinggi

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Jakarta, Selasa (1/9). (ANTARA/HO-KemenkopUKM)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengharapkan para kepala daerah kabupaten/kota dapat memperkuat sinergi untuk mendukung koperasi serta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) unggul di masa depan.

Ia menyatakan di Jakarta, Rabu, bahwa pelaksanaan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dapat berjalan baik atas peran dan partisipasi para kepala daerah, seperti Program Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM).

Baca juga: Menkop-UKM dan Menparekraf apresasi kegiatan Jakarta Creative Festival 2021

"Saya mengucapkan terima kasih kepada bapak dan ibu kepala daerah yang telah berpartisipasi aktif dalam pengumpulan data dan pengusulan BPUM. Alhamdulillah, ini menjadi program unggulan PEN yang terasa manfaatnya bagi pelaku usaha mikro untuk bertahan," kata Teten Masduki.

Melalui BPUM, lanjutnya, pemerintah melakukan penguatan pendataan dan pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB) serta pembukaan rekening, sehingga usaha mikro mulai memiliki peluang usaha lebih luas. Ini dikatakan bagian dari transformasi usaha mikro informal ke formal.

Secara khusus, MenkopUKM menyampaikan apresiasi kepada lima provinsi dengan tingkat partisipasi berkoperasi cukup tinggi, yakni Bali 25,89 persen, DI Yogyakarta 22,92 persen, Kalimantan Barat 22,28 persen, Jawa Tengah 18,64 persen, dan Nusa Tenggara Timur 17,77 persen.

Baca juga: Teten Masduki dorong pelaku UKM mulai garap pasar dalam negeri

"Keikutsertaan masyarakat dalam berkoperasi ini harus kita pacu terus agar koperasi benar-benar mampu berperan menjadi katalisator, agregator, dan pembesaran dari ekonomi rakyat yang kecil-kecil tadi,” ungkap Teten Masduki.

Teten Masduki juga menegaskan bahwa keberhasilan implementasi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 7 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Pelindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan UMKM memerlukan peran pemerintah pusat sekaligus pemerintah daerah, khususnya menyangkut perizinan dan pendataan.

Adapun program-program Kemenkop-UKM untuk mendukung tercapainya koperasi dan UKM yang unggul, ucapnya, seperti Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang telah ditingkatkan sepanjang pandemi hingga 24 Agustus sudah terserap Rp165,14 triliun atau 65,11 persen kepada 4,4 juta debitur.

Baca juga: Menkop UKM Teten Masduki apresiasi korporatisasi pertanian di Purbalingga

"Saya lihat, dalam penggunaan KUR ini masih sangat timpang, antara Jawa dan di luar Jawa, antara sektor perdagangan dengan sektor riil pertanian, perikanan, peternakan dan perkebunan. Mohon bantuan dari bapak, ibu kepala daerah untuk menggerakkan pelaku UMKM di daerahnya memanfaatkan fasilitas pembiayaan ini,” harap Teten Masduki.

Ia juga memaparkan tentang program penguatan koperasi dan UKM dalam rantai pasok bermitra dengan BUMN dan program SMESCO Indonesia untuk mendukung UMKM masa depan. Serta kebijakan afirmasi agar Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) khusus menyalurkan dana bergulir untuk pembiayaan koperasi.

Baca juga: Menkop UKM minta sinergi semua pihak bantu pelaku UMKM terdampak PPKM

Hal ini disampaikan Teten Masduki ketika menjadi pembicara kunci pada Pembekalan Kepemimpinan Pemerintahan Dalam Negeri bagi Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri.