Peparnas: Koleksi 187 Medali, Jateng Juara Umum

id peparnas koleksi, 187 medali, jateng juara umum

Peparnas: Koleksi 187 Medali, Jateng Juara Umum

Pekanbaru, (antarariau) - Kontingen Jawa Tengah (Jateng) memastikan diri menjadi juara umum Peparnas XIV/2012 di Kota Pekanbaru, Riau.

Berdasarkan data perolehan medali yang dihimpun ANTARA dari lapangan dan Media Center Utama Peparnas hingga Jumat petang, Jateng sudah meraih total 187 medali. Rinciannya antara lain 90 medali emas, 55 perak dan 42 perunggu.

Jateng mendapatkan emas terakhir dari voli duduk putra yang pada partai final setelah sukses menekuk tim Jatim dengan skor 3-0. Dengan begitu, Jateng bisa mempertahankan juara umum yang sudah dipegang pada iven tersebut di Kalimantan Timur pada 2008.

"Kami sudah yakin bakal mempertahankan tradisi juara," kata Ketua NPC Jateng, Budi Hariyanto.

Seluruh pertandingan Peparnas XIV sudah berakhir setelah digelar sejak 8 Oktober. Perolehan medali Jateng juga sudah tak mungkin terkejar para pesaingnya, seperti dari kontingen Jawa Barat yang berada di posisi dua dengan 54 emas, 55 perak dan 34 perunggu.

Dominasi Jateng Pada sudah terlihat sejak awal pertandingan Peparnas hampir di seluruh cabang olahraga yang dipertandingkan. Khusus untuk cabang olahraga atletik, Jateng keluar sebagai juara umum dengan perolehan 99 medali.

Rinciannya, Jateng sukses mendulang 54 emas, 25 perak dan 20 perunggu.

Sementara itu, tuan rumah Riau berhasil bercokol di peringkat tiga klasemen Perpanas. Riau secara keseluruhan mendapat 106 medali, yakni 26 emas, 39 perak dan 41 perunggu.

Pada hari terakhir Peparnas, Riau menambah perolehan medali emas diantaranya dari cabang olahraga bulutangkis. Paralimpian Agus Budi Utomo meraih emas di nomor tunggal putra kursi roda setelah mengalahkan Sugeng Widodo dari Jawa Tengah dengan dua set langsung 21-12 dan 21-18.

Selain itu, Riau juga menambah koleksi dua medali emas dari cabang tenis kursi roda. Dua medali emas tersebut masing-masing disumbangkan oleh Ida Yani dari nomor tunggal putri, dan pasangan Agus Fitriadi-Erwin Subrata di nomor quad campuran putra.

Sedangkan, kontingen Papua berada di peringkat empat dengan perolehan 26 emas, 15 perak dan 14 perunggu. Sebagian besar emas Papua disumbangkan paralimpian cabang renang. Kontingen Mutiara Hitam di cabang itu berhasil keluar sebagai juara umum dengan 24 emas, sembilan perak dan empat perunggu.

Peringkat lima klasemen Peparnas ditempati oleh Sumatera Utara berada pada peringkat empat dengan perolehan 25 emas, 18 perak dan delapan perunggu.

Ditutup Menpora

Pertandingan Peparnas XIV/2012 di Pekanbaru berlangsung sejak tanggal 8 hingga 12 Oktober. Ketua Panitia Besar Peparnas XIV Riau, Emrizal Pakis, mengatakan penutupan Peparnas akan dilangsungkan tanggal 13 Oktober di GOR Remaja Jl Sudirman.

Menurut dia, penutupan Peparnas akan diisi dengan hiburan pawai budaya dan akan dihadiri langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Mallarangeng.

"Sampai saat ini kami masih mendapat konfirmasi bahwa penutupan Peparnas akan dihadiri oleh Menpora," katanya.

Ia mengatakan panitia sudah berusaha sebaik mungkin dalam pelaksanaan Peparnas. Bahkan, Emrizal mengatakan panitia tidak memungut sepeser pun biaya transportasi, konsumsi dan akomodasi dari kontingen.

"Berbeda dengan PON Riau, setiap atlet masih dipungut biaya, panitia Peparnas memberikan ruang seluasnya tanpa perlu membayar untuk menyikapi terjadinya kekurangan biaya dari kontingen NPC," kata Emrizal.