Peparnas Papua - Riau koleksi 17 emas

id Peparnas Papua 2021,Peparnas riau

Peparnas Papua - Riau koleksi 17 emas

Atlet renang NPC Riau yang kembali menyumbang medali emas di ajang Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Tahun 2022 di Papua. (ANTARA/Rahmat Santoso)

Pekanbaru (ANTARA) - Provinsi Riau hingga saat ini telah mengoleksi sebanyak 17 medali emas di ajang Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVITahun 2021 di Papua hingga pukul 17.00 WIT, Kamis (11/11) kemarin.

Sementara untuk perak 20 medali dan perunggu 24 medali. Dengan total perolehan medali tersebut, kontingen Bumi Lancang Kuning masih tetap mempertahankan posisi peringkat enam nasional sementara.

Cabang olahragayang banyak menyumbang medali emas adalah renang dan atletik.

Di peringkat teratas klasemen, tuan rumah Papua masih kokoh setelah menggeser Jawa Barat yang pernah menjadi juara umum Peparnas 2016 di hari kedua. Mereka telah memperebut87 medali emas, 50 perak, dan 52 perunggu.

Sedangkan posisi kedua yang diamankan oleh Jawa Barat dengan total 61 emas, 51 perak, dan 45 perunggu. Di peringkat ketiga nasional, ada Jawa Tengah yang mengoleksi 57 emas, 40 perak, dan 46 perunggu.

Selanjutnya KalimantanSelatan bertengger di peringkat keempat dengan raihan27 emas, 23 perak, dan 32 perunggu. Di peringkat kelima disusul oleh SumateraUtara dengan perolehan 20 emas, 22 perak, dan 9 perunggu.

Perhelatan ajang bergengsi Peparnas Papua sudah memasuki hari ketujuh yang bertepatan pada Jum'at (12/11), dimana atlet kelas elite dan nasional masing-masing provinsi sedang dipertarungkan. Sementara kelas beregu dan standar telah usai.

Sabtu (13/11) besok, merupakan hari terakhir pertandingan secara keseluruhan cabang olahraga penyandang difabel. Malamnya akan langsung digelar acara penutupan Peparnas secara resmi yang rencananya akan dilakukan oleh Presiden RI Joko Widodo.