Meranti kembali raih penghargaan peringkat pratama KLA di Indonesia

id meranti, peringkat pratama

Meranti kembali raih penghargaan peringkat pratama KLA di Indonesia

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kepulauan Meranti Agusyanto bersama sejumlah pihak terkait mengikuti rapat secara virtual dengan Kementerian Pemberdayaan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI. (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau berhasil mempertahankan peringkat Pratama Kabupaten Layak Anak di Indonesia, setelah sebelumnya menerima penghargaan yang sama di tahun 2019 lalu.

Hal itu terungkap dalam acara penyerahan Penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) 2021 yang digelar secara virtual oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI di ruang Rapat Melati, Kantor Bupati Meranti, Kamis (29/7).

Hadir dalam kegiatan itu, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Agusyanto, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Irmansyah, Sekretaris Bappeda Meranti Randolf, Plt Kadis Perhubungan Meranti Umaiyah, PKK Meranti, serta pejabat lainnya.

Penghargaan KLA level Pratama yang diterima Kabupaten Kepulauan Meranti langsung disampaikan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Bintang Puspayoga, sekaligus mengucapkan selamat atas kerja nyatanya dalam melindungi hak dan perlindungan anak.

Diperolehnya penghargaan itu, dikatakan pihak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI karena Kepulauan Meranti dinilai telah menerapkan kebijakan pembangunan berbasis hak anak serta berkomitmen dalam pemenuhan hak-hak anak.

"Pemenuhan hak anak atas hak hidup di daerah Meranti tumbuh kembang secara wajar sesuai harkat dan martabat kemanusiaan serta perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi terhadap anak," paparnya.

Penilaian itu dilakukan secara independen oleh tim yang melakukan evaluasi terhadap 24 indikator KLA dengan ratusan item pertanyaan atau variabel evaluasi.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Anak Agusyanto, mengaku hal ini merupakan suatu prestasi yang luar biasa yang telah diupayakan sejak 10 tahun lalu.

"Penghargaan ini dapat memotivasi Pemkab Meranti yang didukung oleh berbagai elemen masyarakat untuk mewujudkan hak-hak anak, serta lebih bersungguh-sungguh lagi dalam memenuhi apa yang menjadi hak-hak anak sesuai harkat dan martabat manusia," kata dia.

Dapat diinformasikan juga, untuk Provinsi Riau hanya tiga kabupaten yang mendapat penghargaan Kabupaten Layak Anak 2021 yakni Kepulauan Meranti, Pelalawan dan Kabupaten Bengkalis.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar