Dorong pariwisata NTT, Pemkab Ende akan gelar Festival Kelimutu bulan depan

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Festival Kalimutu

Dorong pariwisata NTT, Pemkab Ende akan gelar Festival Kelimutu bulan depan

Wisatawan menikmati pemandangan di Danau Kelimutu, Ende, NTT. Obyek wisata Danau Tiga Warna di ketinggian 1.640 mdpl itu telah dipersiapkan untuk menyambut wisatawan. (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)

Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur, menyiapkan kegiatan Festival Kelimutu guna mendorong pertumbuhan sektor pariwisata di daerah itu di tengah pandemi COVID-19 yang masih berlangsung.

"Kami sedang mempersiapkan Festival Kelimutu, rencananya akan digelar pada 14-16 Agustus 2021 mendatang," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ende Martinus Saban ketika dihubungi di Kupang, NTT, Sabtu.

Baca juga: Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon kembali dibuka untuk wisatawan mulai 28 Mei 2021

Ia menjelaskan kegiatan festival ini digelar untuk menggeliatkan kembali pertumbuhan sektor pariwisata di Ende, Pulau Flores, yang lesu akibat dampak pandemi COVID-19.

Martinus mengatakan ajang ini akan menyuguhkan tiga atraksi utama yakni upacara adat Taga Kamba, Pati Ka Du'a Bapu Ata Mata, serta festival budaya.

Selain itu juga digelar festival kopi, musik, kuliner, demonstrasi pembuatan konten digital, dan berbagai atraksi lainnya.

Baca juga: Setelah dibuka lagi, Taman Margasatwa Ragunan dikunjungi 24.335 wisatawan

Lebih lanjut, Martiunus mengatakan festival ini akan digelar secara langsung dengan peserta terbatas mengingat situasi pandemi COVID-19 yang masih berlangsung.

Selain itu, juga dilakukan secara virtual sehingga dapat disaksikan masyarakat dari wilayah lain.

"Kami akan perkuat dari sisi virtual agar festival ini bisa dinikmati masyarakat di luar Ende," katanya.

Martinus berharap kegiatan festival dapat merangsang kembali pertumbuhan sektor pariwisata di Kabupaten Ende di tengah situasi pandemi COVID-19 yang masih berlangsung.

"Ini juga merupakan upaya promosi agar pariwisata Ende menarik minat kunjungan wisatawan, sehingga setelah pandemi mereda, mereka bisa berdatangan untuk berwisata di Ende," katanya.

Baca juga: Penuhi syarat wisata sehat, wisatawan boleh masuk candi Borobudur-Prambanan