Pesantren Kilat, Pembangunan Karakter Dan Akidah Gaya SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru

id pesantren kilat, pembangunan karakter, dan akidah, gaya smk, muhammadiyah 2 pekanbaru

Pekanbaru, (antarariau) - Kesan dan pengalaman yang luar biasa dirasakan siswa SMK 2 Muhammadiyah Pekanbaru, setelah mengikuti pesantren kilat yang diadakan oleh pihak sekolah untuk mengisi kegiatan bulan Ramadhan.

"Kami lebih bisa memahami persoalan tentang agama, memahami makna yang ada diisi Al- Qur'an," kata Doni Septianto, Ketua OSIS SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru, kepada wartawan di Pekanbaru, Jumat.

SMK Muhammdiyah 2 Pekanbaru, mengadakan kegiatan yang berpusat di komplek sekolah, di Jalan KH Ahmad Dahlan no 90, Kelurahan Kampung Melayu , Pekanbaru.

Menurut Doni, sejak Rabu (8/8)lalu. Pembukaan pesantren kilat ini di hadiri Kepala sekolah SMK Muhammadiyah 2 Taharuddin,Spd.

Antusiasme siswa sudah tampak sejak acara mulai dibuka. Mereka berkumpul di di lapangan upacara bendera sejak pukul 7.30 WIB dengan pembukaan yang diisi ceramah oleh ustadz dari SMK Muhammadiyah 2.

Selanjutnya pukul 09.00 WIB peserta pesantren kilat masuk ke dalam kelas nya masing masing, guna mengikuti materi pesantren kilat yang telah di tetapkan oleh pihak sekolah hingga pukul 12.00 WIB.

Usai ceramah, dan kegiatan pembelajaran keagamaan, siswa diperkenankan pulang ke rumah masing masing, setelah shalat berjama'ah terlebih dahulu di masjid Al - Fida, Komplek SMK Muhammadiyah 2.

"Selain kesan dan pengetahuan baru, program ini merupakan upaya pemantapan akidah siswa, di tengah terpaan modernitas yang semakin gencar mereduksi berbagai nilai-nilai luhur," kata Doni.

Zaman modern ini saat ini, menurut Doni, banyak generasi muda yang melupakan tentang ilmu - ilmu agama, etika, dan sopan santun. Generasi cenderung lebih suka mengadopsi cara-cara yang tidak sesuai dengan akidah dan syariat Islam.

"Akidah yang mantap, merupakan dukungan baik dalam character building, dan generasi muda makin positif, selain tentu saja, cerdas," kata Doni.

Kegiatan pesantren kilat tersebut berlangsung selama 3 hari.

Reportase Jurnalisme Warga : Bakhtura, Siswa MAN 1 Pekanbaru.

Tulisan dan foto sejenis dapat dikirim ke redaksi antarariau, melalui email ; antarariau@gmail.com