16 PTN-UNRI buka seleksi penerimaan jalur mandiri hingga 21 Juni 2021

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara

16 PTN-UNRI buka seleksi penerimaan jalur mandiri hingga 21 Juni 2021

16 PTN-UNRI buka seleksi penerimaan jalur mandiri hingga 21 Juni 2021 (Frislidia/Antara)

Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 16 perguruan tinggi wilayah barat bersama Universitas Riau membuka pendaftaran Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri wilayah Barat (SMM PTN-Barat) hingga batas akhir 21 Juni 2021 bagi seluruh peserta di wilayah barat Indonesia itu.

"Meskipun jadwal pendaftaran cukup panjang, namun para peserta sudah harus bisa mendaftar pada awal waktu, untuk menghindari terjadinya 'down system' karena adanya penumpukan pendaftaran pada hari-hari terakhir. Ini juga untuk mengantisipasi gagal bayar di ATM bank-bank mitra," kata Dr Rahman Karnila SPi MSi, Ketua Pokja Penerimaan Mahasiswa Baru UNRI di Pekanbaru, Senin.

Menurut dia, peserta bisa SMM PTN-Barat ke alamat: Gedung Rektorat Itera, Jl. Terusan Ryacudu, Way Huwi, Kec. Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung 35365, No Telp. (0721) 8030188, (0721) 8030189 WA. 0816412444 Email: sekretariat.smmptnbarat2017@gmail.com Web : http://smmptnbarat.id/harus pada PTN yang dipilihnya.

Ia menyebutkan, misalnya peserta yang ikut ujian di Unsri tidak musti harus memilih prodi yang ada di Unsri, tapi boleh di PTN lain dari 17 PTN yang tergabung di dalam SMM PTN-Barat.

"Demikian pula kelompok ujian Saintek dengan materi ujian TPS dan TKA Saintek meliputi Matematika Saintek, Fisika, Kimia dan Biologi. Adapun kelompok ujian Soshum materi ujian TPS dan TKA-nya ialah Geografi, Sejarah, Sosiologi dan Ekonomi," katanya.

Yang penting diingat peserta adalah pendaftaran yang dimulai sejak 17 Mei 2021 pukul 16.00 WIB berakhir hingga 21 Juni 2021 pukul 16.00 WIB sedangkan pPelaksanaan UTBK SMMPTN Barat ialah pada 28 Juni hingga 7 Juli 2021. Dan pengumuman peserta yang lulus pada 14 Juli 2021 pukul 16.00 WIB.

Sementara itu, untuk prodi yang ikut serta dalam SMM PTN-Barat ini adalah 338 Prodi Saintek dan 237 Prodi Soshum. Kuota yang diterima dalam proses pendaftaran mandiri ini ialah sebanyak 7.601 untuk Prodi Saintek dan 6.889 untuk Prodi Soshum.

"Untuk uang pendafataran Rp350 ribu dan sama berlaku di seluruh PTN yang menerima SMM PTN-Barat itu, bisa dibayar ke bank mitra seperti Bank Mandiri, ank BNI, Bank BTN, dan Bank BSI," katanya.

Metode ujian yang digunakan pada tahun 2021 sudah mengikuti model UTBK-SBMPTN yaitu CAT (Computer Assisted Test) dan keuntungannya hasil ujian bisa diketahui dengan cepat karena sistem komputer yang digunakan tersentralisasi dan lebih menjamin kepastian lulusan.

Peserta ujian maksimal bisa memilih dua prodi baik pada satu PTN harus pada PTN yang dipilihnya. Misalnya peserta yang ikut ujian di Unsri tidak musti harus memilih prodi yang ada di Unsri, tapi boleh di PTN lain dari 17 PTN yang tergabung di dalam SMM PTN-Barat. Demikian pula kelompok ujian Saintek dengan materi ujian TPS dan TKA Saintek meliputi Matematika Saintek, Fisika, Kimia dan Biologi.

17 PTN penyelenggara SMM PTN-Barat adalah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa UNTIRTA Serang, Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh, Institut Teknologi Sumatera (ITERA) Lampung, Universitas Bengkulu (Unib) Bengkulu, Universitas Riau (Unri), Universitas Jambi (Unja), Universitas Lampung (Unila) Bandar Lampung, Institut Seni Indonesia (ISI), Padangpanjang, Universitas Palangka Raya (UPR), 10. Universitas Malikussaleh (Unimal) Lhokseumawe, Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang, Universitas Bangka Belitung (UBB) Pangkalpinang, Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh, Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Aceh, Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya, Universitas Samudra (Unsam) Langsa dan Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta. **3**T.F011