87 ribu angkatan kerja di Siak belum terdaftar di BP Jamsostek

id Bpjs tenaga kerja, bpjs siak, siak

87 ribu angkatan kerja di Siak belum terdaftar di BP Jamsostek

Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Siak Yusuf Delvi menyerahkan Inpres no 2 tahun 2021 ke Bupati Siak, Alfredri.(ANTARA/HO-BPJS Ketenagakerjaan Siak)

Siak (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Cabang Siak menyerahkan Instruksi Presiden nomor 2 tentang optimalisasi Program Jaminan Sosial Tenaga Kerja yang meminta daerah meningkatkan kepesertaan masyarakat.

"Untuk Siak berdasarkan data Badan Pusat Statistik ada 331.592 angkatan kerja. Yang sudah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan 246.879 pekerja," kata Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Siak, Yusuf Delvi, Kamis.

Dengan begitu, lanjutnya yang belum terdaftar 84.713 orang sehingga perlu bantuan pemerintah untuk menjaminnya. Maka dari itu inpres presiden tersebut dalam jangka menjangkau yang belum terdaftar itu melalui bantuan pemerintah.

Pihaknya kemudian kan berkomunikasi dengan Dinas Sosial Siak untuk melihat angkatan kerja yang kurang mampu tersebut. Dikatakannya jika optimalisasi ini berhasil maka kepala daerah akan diundang dan diberi penghargaan oleh presiden.

Sementara itu, Bupati Siak, Alfedri mengaku telah menerima Inpres no 2 tahun 2021 itu. Namun pihaknya masih ingin melihat lebih jauh lagi melalui mekanisme apa bantuan optimalisasi itu.

"Kita minta penjelasan dulu bagaimana implementasi dan mekanisme bantuan ini, sumbernya ada dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Apakah ini disalurkan melalui pemerintah daerah atau bagaimana?," ujarnya.

Untuk program tersebut tentu fokusnya pada 87 ribu angkatan kerja yang belum terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. Dan berdasarkan kategori di Siak masyarakat miskin dan sangat miskin itu ada 10 ribu Kepala Keluarga.

"Mereka juga mendapatkan Program Keluarga Harapan dan ada 20 ribu lagi yang rentan miskin. Ini nanti yang jadi fokus untuk jaminan kecelakaan kerja, kematian dan hari tua," ungkapnya.

Baca juga: Masyarakat Peduli BPJS terima 100 keluhan pelayanan di wilayah Sumbarriaukepri

Baca juga: Banyak dikeluhkan masyarakat, DPRD Riau panggil BPJS Kesehatan


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar