Pekanbaru mulai salurkan bantuan bagi korban banjir

id Bantuan banjir,Banjir pekanbaru, banjir

Pekanbaru mulai salurkan bantuan bagi korban banjir

Bantuan banjir (Humas)

Pekanbaru (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Pekanbaru mulai menyalurkan bantuan bagi puluhan kepala keluarga yang menjadi korban banjir setempat.

Bantuan ini berupa sembako untuk meringankan beban keluarga yang kini dalam musibah banjir, kata Kalaksa BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra S.STP.M.Si di Pekanbaru, Kamis.

Zarman mengatakan, adapun jenis bantuan yang diserahkan berupa sembako sebanyak 66 Paket, perlengkapan keluarga 9 paket , perlengkapan bayi 9 paket , tambahan gizi 20 paket, makanan siap saji 20 paket, dan masker 4 pak.

Bantuan ini akan disebar bagi korban banjir yang berada di tiga Wilayah di Perumahan Mandevilla, Jalan Cengkeh, dan di Perumahan Graha Fauzan Asri di Jalan Kesadaran Kelurahan Tangkerang Labuai, dan Jalan SakuntalaGg Kencana, Jalan Wicaksana gg Sakinah Kecamatan Bukit Raya, kata mantan Camat Payung Sekaki itu.

Kalaksa BPBD mengimbau agar masyarakat tetap waspada, meskipun air sudah surut dan hujan tidak ada di wilayah tersebut, akan tetapi bisa saja turun di wilayah tetangga dan air meluap ke arah rendah di daerah itu.

"Tetap tenang dan berdoa kepada yang maha kuasa agar ada hikmah dibalik ini semua tetap jaga kesehatan,menjaga imun tubuh dan menggunakan masker di tengah pandemi ini" katanya.

Sebelumnya diberitakan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Riau menyiapkan logistik untuk disalurkan bagi masyarakat yang memerlukan karena terdampak banjir.

"Logistik sudah kita siapkan untuk satu atau dua hari ini. Jadi kalau ada daerah yang membutuhkan logistik kita siap mendistribusikan," kata Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Riau Jim Gafur di Pekanbaru, Selasa.

Baca juga: PLN terpaksa putuskan aliran listrik di lokasi banjir Pekanbaru, begini penjelasannya

Mengenai mekanisme penyaluran bantuan logistik, BPBD Riau dalam posisi menunggu permintaan dari BPBD kabupaten dan kota yang mengalami banjir dan ada masyarakat yang terdampak. Misalkan dari banjir tersebut membuat warga setempat mengungsi dan aktivitas masyarakat menjadi lumpuh.

"Kami harap pemerintah kabupaten kota, jika memang di daerahnya membutuhkan logistik sementara untuk warganya yang terdampak banjir untuk bisa mengusulkanya ke BPBD Riau," katanya.

Menurut dia, sejauh ini bantuan yang diusulkan ke BPBD Riau masih berupa perahu karet untuk membantu evakuasi warga. Bantuan tersebut sudah mulai dilakukan sejak Senin (29/3) di lokasi banjir Kelurahan Tangkerang Labuai Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru.

"Setidaknya ada sekitar enam titik banjir saat itu. Kita bekerja sama dengan BPBD Kota Pekanbaru menyiapkan beberapa unit perahu evakuasi dan mendirikan tenda darurat," katanya.

Baca juga: BPBD Riau siapkan logistik untuk korban banjir, begini mekanisme penyalurannya

Baca juga: Hujan tiga jam, Bangkinang terendam banjir satu meter