Produk IKM di Pariaman dipamerkan di Kota Pekanbaru

id Pariaman, Sumbar

Produk IKM di Pariaman dipamerkan di Kota Pekanbaru

Sejumlah pengunjung terlihat melihat produk IKM Kota Pariaman, Sumbar pada Pameran Budaya, Pariwisata, dan Bisnis 2021 di salah satu pusat perbelanjaan modren di Pekanbaru,  Sabtu(27/2/2021). (ANTARA/Aadiaat MS)

Padang (ANTARA) - Sejumlah produk industri kecil menengah (IKM) dari Kota Pariaman, Sumatera Barat dipamerkan pada Pameran Budaya, Pariwisata, dan Bisnis 2021 yang diselenggarakan di salah satu pusat perbelanjaan modren di Pekanbaru, Riau.

"Ini merupakan promosi dan jaringan pemasaran produk IKM Pariaman di Kota Pekanbaru," kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Pariaman Gusniyetti Zaunit pada Pameran Budaya, Pariwisata, dan Bisnis 2021 di Pekanbaru, Sabtu.

Ia mengatakan pihaknya menyadari bahwa saat ini masih pandemi COVID-19 namun produk IKM serta menjalin kerja sama untuk pemasaran produk tetap harus dilakukan.

Ia menyampaikan dipilihnya Pekanbaru sebagai lokasi promosi produk IKM karena kunjungan wisatawan terbanyak ke Kota Pariaman di luar Sumbar berasal dari Pekanbaru.

Apalagi, kata dia perantau Minangkabau khususnya Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman banyak di Pekanbaru sehingga potensi promosi produk IKM jauh lebih besar.

Ia menyebutkan adapun produk IKM yang ditampilkan pada pameran tersebut yaitu di antaranya batik, sulaman, bordir, produk makanan di antaranya kripik serta produk kerajinan lainnya.

"Semenjak Rabu (24/2) sampai kemarin pengunjung agak kurang karena pandemi, namun hari ini antusias pengunjung tinggi kebetulan akhir pekan, paling banyak itu perantau" katanya.

Selain itu, lanjutnya dengan adanya promosi tersebut maka warga Kota Pekanbaru dan perantau yang menyukai produk IKM Kota Pariaman namun takut bepergian termasuk ke Pariaman karena pandemi maka dapat terobati.

"Dengan membawa langsung produk ke sini bekerjasama dengan Pemerintah Kota Pekanbaru maka dapat memutus rantai pemasaran produk," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan promosi wisata Kota Pariaman dan peluncuran kegiatan atau iven wisata yang dilaksanakan selama 2021.