Pekanbaru segera perbaiki jalan rusak sepanjang 370 km

id Dinas PUPR Pekanbaru,Jalan rusak, jalan rusak pekanbaru, pekanbaru, kota pekanbaru

Pekanbaru segera perbaiki jalan rusak sepanjang 370 km

Perbaikan jalan rusak di Pekanbaru. (ANTARA/Dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru mendata kerusakan jalan di Ibukota Provinsi Riau itu yang panjangnya mencapai 370 kilometer untuk dilakukan perbaikan pada tahun 2021.

"Jalan yang akan diperbaiki tahun 2021 adalah jalan dengan kondisi rusak berat dan sedang sepanjang 370 km yang terbesar di 15 kecamatan," kata Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution, di Pekanbaru, belum lama ini.

Ia menjelaskan, saat ini total panjang jalan di Kota Pekanbaru1.277,9 kilometer.

Sedangkan jalan Kota Pekanbaru yang dilapisi aspal, katanya mencapai 875 kilometer, jalan yang dilapisi kerikil sepanjang 77 Kilometer, berlapis tanah 295 kilometer, dan tidak terinci sepanjang 30 kilometer.

"Namun demikian tetap diprioritaskan tahun 2021 perbaikan untuk jalan dengan kondisi rusak sedang hingga berat yang 370 kilometer itu," katanya.

Baca juga: Masyarakat minta pemilik usaha peduli jalan rusak

Untuk alokasi anggaran perbaikan jalan rusak tersebut berasal dari APBD Pekanbaru tahun 2021 sebesar Rp16 miliar yang sudah termasuk untuk biaya operasional seperti bahan bakar alat berat dan gaji petugas lapangan.

Jalan dalam kondisi rusak itu perlu segera diperbaiki karena jalan mempunyai peranan penting terutama yang menyangkut perwujudan perkembangan antar wilayah yang seimbang, pemerataan hasil pembangunan serta pemantapan pertahanan dan keamanan nasional dalam rangka mewujudkan pembangunan nasional.

Baca juga: Mengadu ke DPRD Riau, Masyarakat keluhkan jalan provinsi di Kampar Kiri rusak berat