Dinas PUPR-PKPP Riau alokasikan Rp13,29 miliar anggaran perbaikan jalan Pekanbaru

id Dinas PUPR -PKPP Riau

Dinas PUPR-PKPP Riau alokasikan Rp13,29 miliar anggaran perbaikan jalan Pekanbaru

Dokumentasi. Perbaikan jalan di Riau. ANTARA

Pekanbaru (ANTARA) - Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahaan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (PUPR-PKKP) Provinsi Riau, M. Arief Setiawan mengatakan, PemprovRiau mengalokasikan Rp13,29 miliar anggaran perbaikan jalan rusak di Pekanbaru tahun 2023.

"Alokasi anggaran sebesar Rp13,29 miliar itu berasal dari Bantuan Keuangan (Bankeu) Provinsi Riau tahun 2023 dengan rincian membiayai pekerjaan peningkatan Jalan Firdaus Kecamatan Bukit Raya sebesar sebesar Rp664.347.410, untuk peningkatan Jalan Parit Indah Kecamatan Bukit Raya sebesar Rp5.600.034 448," kata Arief dalam keterangnnya di Pekanbaru, Kamis.

Ia mengatakan, saat ini anggaran sebesar 13,29 miliar itu sudah diserahkan Pemrov Riau dan sudah berada di dalam APBD Pemko Pekanbaru.

Ia merinci bantuan anggaran perbaikan jalan tersebut juga termasuk membiayai perbaikan peningkatan kualitas Jalan Pemuda Kecamatan Payung Sekaki tercatat sebesar Rp5,9 miliar. Sedangkan untuk peningkatan Jalan Tanjung Kecamatan Bukit Raya Rp1,13 miliar.

"Pemerintah Kota Pekanbaru yang akan menggunakan anggaran tersebut bisa melalui e-Katalog, dan segera melaksanakan pekerjaan fisik atau perbaikan jalan karena anggaran sudah tersedia, untuk mendukung kenyamanan pengguna jalan di Kota Pekanbaru," katanya.

Kebijakan ini sebagai jawaban dari permintaan Anggota DPRD Riau Dapil Pekanbaru, Ade Hartati Rahmat, menyoroti jalan rusak di Pekanbaru yang tidak kunjung usai dan berdasarkan keluhan masyarakat yang disampaikan ke dewan bahwa banyak jalan rusak.

"Pemerintah kabupaten/kota, pemerintah provinsi, dan pemerintah pusat perlu melakukan interkoneksi dengan baik dalam menyelesaikan persoalan jalan di kota ini karena Pemko Pekanbaru memiliki kemampuan anggaran yang terbatas," katanya.