Wagub Sumbar kunjungi Istana Siak, ini yang menarik baginya

id wagub sumbar,bupati siak alfedri,istana siak,pariwisata riau,berita riau antara,berita riau terbaru

Wagub Sumbar kunjungi Istana Siak, ini yang menarik baginya

Wagub Sumbar Nasrul Abit memakai tanjak saat mengunjungi Kabupaten Siak.(ANTARA/HO-Pemkab Siak)

SIAK, (ANTARA) - Bupati Siak Alfedri didampingi istri menyambut kunjungan Silaturahmi Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit di Rumah Dinas Bupati, kompleks Perumahan Abdi Praja Siak Sri Indrapura danmelihat Istana Aserayah Al Hasyimiah serta ziarah ke makam Sultan Syarif Kasim II.

Wagub Nasrul di Siak, Selasa mengaku sangat terkesan dengan koleksi barang kuno yang tersusun rapi. Menurutnya, tidak banyak kerajaan di Indonesia yang menyisakan koleksi benda bersejarah cukup lengkap.

"Kerajaan Siak salah satu yang masih mempunyai koleksi berbagai benda kuno, dan perlengkapan kerajaan yang layak untuk diamati bagi penikmat wisata budaya dan sejarah," katanya.

Ia mengatakan hal itu menjadi motivasi bagi dirinya sehingga nanti di rumah adat di Sumbar juga dilengkapi dengan peninggalan peninggalan kuno beserta dengan cerita sejarahnya. "Hal baik ini tentu akan kami tiru ya, sehingga nanti di rumah adat Minang diisi dengan barang-barang peninggalan sejarah maupun benda kuno, berikut dengan kisah sejarahnya," ujarnya.

Dilanjutkannya bahwa nanti tidak hanya untuk di provinsi saja, namun disetiap rumah adat kabupaten/kota di Sumbar. Pasalnya masing-masing punya sejarah dan peninggalan yang berbeda-beda.

"Supaya setiap orang datang lanjutnya, bisa mengenal sejarah dari kabupaten kota atau kerajaan di masing-masing yang ada di tanah Minang," ungkapnya.

Turut hadir mendampingi unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Siak. Begitu juga Sekretaris Daerah Kabupaten Siak, Asisten II, Kepala Dinas Pariwisata dan Ketua Ikatan Keluarga Minang Riau Kabupaten Siak.

Baca juga: Berkunjung ke Negeri Istana, Pangdam I/BB: Belum ke Siak, belum ke Riau

Baca juga: Ayo jalan-jalan, Istana Siak sudah dibuka kembali

Baca juga: Istana Siak belum buka, wisatawan masih bisa nikmati Tepian Bandar Sungai Jantan