Wagub Sumbar cegat semua kendaraan dari Pekanbaru

id Corona,jalur darat,antisipasi corona,padang,sumbar,nasrul abit,penanganan corona,virus corona,corona,covid-19,2019-ncov

Wagub Sumbar cegat semua kendaraan dari Pekanbaru

Pemeriksaan suhu tubuh di perbatasan Sumbar-Riau. ANTARA/ist

Padang (ANTARA) - Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mencegat seluruh kendaraan yang masuk provinsi itu melalui kelok sembilan, Kabupaten Limapuluh Kota, dan memeriksa suhu tubuh penumpang sebagai antisipasi penyebaran virus penyakit corona (COVID-19).

"Kita memperketat pemeriksaan seluruh pintu masuk di jalur-jalur perbatasan. Setelah jalur udara dan laut, kali ini jalur darat. Langkah ini, sebagai upaya mencegah masuknya COVID-19 ke Sumbar," katanya di Limapuluh Kota, Jumat.

Dia menjelaskan pintu masuk jalur darat ke Sumbar cukup banyak, masing-masing dari Riau melalui Kabupaten Limapuluh Kota, dari Jakarta hingga Jambi melalui Dharmasraya, dari Medan melalui Pasaman, dan dari Bengkulu melalui Pesisir Selatan.

Gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Sumbar bersama tim kabupaten dan kota akan mendirikan posko di setiap perbatasan daerah. Petugas posko akan memeriksa seluruh penumpang. Kalau suhu tubuh di atas normal, segera ditindaklanjuti oleh tim kesehatan.

Hingga saat ini, belum ada satu pun kasus positif COVID-19 yang ditemukan di Sumbar. Dari empat hasil labor pemeriksaan pasien dalam pengawasan (PDP) semuanya negatif.

Namun, saat ini tercatat 23 PDP di Sumbar yang tengah diisolasi untuk memastikan statusnya positif atau negatif. Tetapi, hasil laboratorium masih belum sampai Sumbar.

"Kita berharap jangan ada yang positif di Sumbar. Kita harus tetap kita jaga, antisipasi segala kemungkinan,” katanya.

Saat ini, antisipasi di rute kedatangan via udara di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) sudah cukup optimal.

Petugas kantor kesehatan pelabuhan (KKP) yang juga dibantu beberapa personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), sudah bekerja maksimal. Khusus untuk area pelabuhan, juga diupayakan pemasangan "thermal scanner".

“Pemprov Sumbar akan berupaya keras untuk mencegah wabah ini tidak menyebar, katanya.

Baca juga: Ini kata Yusril terkait corona yang kian mengganas

Baca juga: Dua mahasiswa UIN Suska suspek COVID-19, Rektor tutup kampus


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar