Resahkan warga, 563 knalpot bising dipotong-potong Polresta Pekanbaru

id Kenalpot bising, knalpot bogar, polres pekanbaru

Resahkan warga, 563 knalpot bising dipotong-potong Polresta Pekanbaru

Pelaksanaan pemusnahan knalpot bising oleh Polresta Pekanbaru. (ANTARA/HO-Polresta Pekanbaru)

Pekanbaru (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota Pekanbaru melakukan pemusnahan dengan memotong-motong sebanyak 563 knalpot sepeda motor bersuara bising yang disita dari para pemuda yang kerap meresahkan warga maupun dari aksi balap liar.

"Ratusan knalpot bersuara keras tersebut merupakan hasil razia selama bulan Juli 2020 hingga Januari 2021," kata Kepala Polresta Pekanbaru, Kombes Pol Nandang Mu'min Wijaya di Pekanbaru, Senin.

Nandang mengatakan sebanyak 563 potong knalpot bersuara bising tersebut dimusnahkan dengan cara dipotong menggunakan mesin pemotong besi. Ratusanknalpot dikumpulkan dari hasil penindakan yang dipimpin Kepala Satuan Lalu Lintas Kompol Emil Eka Putra beberapa waktu lalu.

Itu dilakukan karena banyak laporan dari masyarakat yang mengeluhkan suara knalpot bising sepeda motor. Tak ayal, Polantas Pekanbaru menyisir sejumlah jalanan Pekanbaru dan mengamankan ratusan sepeda motor yang menggunakan knalpot tidak sesuai standar itu.

Kompol Emil mengatakan, pihaknya tak akan segan menindak pengendara yang masih bandel menggunakan knalpot bising. Penindakan ini ungkapnya dilakukan untuk menjaga kondusifitas di Kota Pekanbaru.

"Jadi kami imbau semua masyarakat menggunakan knalpot sesuai standar," kata Perwira Menengah jebolan Akpol 2006 itu.

Baca juga: Polisi terpaksa bubarkan balap liar dengan tembakan

Baca juga: 21 sepeda motor peserta balapan liar di Bengkalis disita polisi