Riau menunggu vaksin, akan didistribusikan ke enam kelompok prioritas ini

id covid riau,vaksin covid,jubir covid riau,berita riau antara,berita riau terbaru

Riau menunggu vaksin, akan didistribusikan ke enam kelompok prioritas ini

Ilustrasi vaksin.(Arsip Antaranews)

PEKANBARU, (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Riau, masih menunggu distribusi vaksin COVID-19 dari pemerintah pusat untuk dibagikan kepada masyarakat sesuai dengan keputusan Menteri Kesehatan bahwa vaksin Sinovac itu akan dibagikan untuk enam kelompok prioritas.

“Vaksin dalam waktu dekat sesuai dengan keputusan dari menkes, vaksin yang akan didistribusikan tetap sesuai skala prioritas," kata Juru Bicara Satuan Tugas COVID-19 Riau, dr Indra YoviSp.P(K), Rabu.

Prioritas akan dibagikan untuk enam prioritas pertama KelompokGarda Terdepan. Diantaranya petugas medis, paramedis penelusuran kontak, TNI/Polri, dan aparat hukum.

Kedua tokoh agama/masyarakat, perangkat daerah (kecamatan, desa,RT/RW), dan sebagian pelaku ekonomi. Ketiga guru/tenaga pendidik dari PAUD/TK, SD, SMP, SMA, dan perguruan tinggi.

Keempat yakni aparatur pemerintah (pusat, daerah, dan legislatif). Kelim Peserta BPJS Penerima Bantuan Iuran (PBI) dan terakhir keenam masyarakat dan pelaku perekonomian lainnya

"Sesuai dengan keputusan Menkes, masyarakat akan menerima SMS pengingat vaksin, dan akan ada pelaksanaan teknis pembagian vaksin, saat ini sedang digodok dinas kesehatan bagaimana alur dan teknisnya," tambah Yopi.

Dijelaskannya untuk vaksin yang akan diterima, pihaknya juga belum mendapatkan informasi pasti, kapan akan dikirimkan. Begitu juga dengan jumlahnya.

“Jumlah vaksin yang disediakan belum bisa dipastikan, berapa yang disiapkan untuk Riau, keputusan berdasarkan jumlah vaksin yang didapatkan," ungkapnya.

Baca juga: Hasil tes usap terakhir Gubri negatif COVID-19, sekarang masih pemulihan

Baca juga: Menurut kajian Inggris, virus COVID-19 varian baru tak sebabkan penyakit lebih parah

Baca juga: Alami overdosis vaksin COVID-19, seorang petugas layanan kesehatan Jerman dirawat